Heartline Network

Delivering an Excellent Service

Pada Senin (17/5), Program #HeartlineCoffeeMorning di Radio Heartline 100.6 FM Tangerang yang disiarkan live dari Maxx Coffee, Benton Junction, Lippo Karawaci, Tangerang dan direlay di Heartline Network, mengangkat topik “How Delivering an Excellent Customer Service”. Hadir sebagai narasumber: Djoko Kurniawan (Senior Business Consultant), Deny Rahardjo (CEO Kinerja Pay Indonesia), Guntur Satrya Saputro (Direktur CyberLeech.com), Danet Arya Patria SE, MBA (Akademisi UPH).

Danet mengawali perbincangan hangat ini dengan membedah bahwa customer itu bukan hanya mereka yang datang dari luar dan membeli produk atau jasa kita, tetapi juga para pebisnis perlu memperhatikan internal customer, yakni para karyawan yang ada dalam work flow produksi produk atau jasa itu sendiri. “Kalau Internal Customer ini beres, happy, maka external customer biasanya beres.” Tutur Akademisi yang mendapatkan gelar MBA dari Ochlahoma University ini.

(Para pebisnis perlu menonton ini, rahasia yang jarang dibuka bagaimana trik menghadapi customer: http://bit.ly/1TUsLqi)

Sementara itu, Djoko Kurniawan, sebagai Senior Business Consultant, menekankan pentingnya bagi para pebisnis saat melayani customer untuk memenuhi kebutuhan mereka dan sekaligus memenuhi ekspektasi mereka. “Contoh, orang yang mau gunting rambut. Kebutuhan dan ekspektasi mereka adalah membuat rambut mereka rapi. Namun, kalau mereka datang ke jasa Anda dan rambut mereka justru tidak rapi, di situ masalahnya. Demikian juga orang yang mau pijat, ingin badannya segar. Tapi sehabis pijat justru badan pegal-pegal, ini tidak menjawab kebutuhan dan ekspektasi mereka,” Kata Djoko Kurniawan. Danet menambahi, customer yang complain ke kita, harus dilayani dengan baik. Sebab dari data, 7 dari 10 customer yang complain, jika mereka kita layani dengan baik, akan kembali kepada kita. “Bahkan 95%nya akan menjalin kerja sama kembali dengan kita,” tambah Danet.

(Pantas saja, kalau ngikuti nasehat ini, pasti sukses dalam bisnis: http://bit.ly/1VZvipq)?

Deny Rahardjo dari Kinerja Pay, membagikan pandangannya bahwa customer equal business, artinya tidak ada customer maka tidak ada bisnis. “Untuk bisa survive di bisnis online yang high competitive, kita tidak bisa memberikan service yang sekedar pemanis bibir. Customer itu di atas segalanya. Customer respon harus cepat dan online. Kalau tradisional ngikuti jam kerja. Kami harus memonitor apa yang masuk dan apa yang terjadi, apa yang jadi trending tentang merk kami. Harus proaktif, tidak hanya reaktif.”

(Kalau Mahasiswa Universitas Pelita Harapan bertanya tentang bisnis itu seperti apa sih? Lihat di sini http://bit.ly/1susJzW)

Guntur, dari CyberLeech.com, juga mengamini apa yang disampaikan oleh Deny, “Kami memberi respon 24 jam,” imbuhnya. CyberLeech.com membuat otomatisasi untuk auto report dan auto submit untuk complain customer mereka, sebagai salah satu cara bagaimana melayani customer dengan lebih baik lagi.

Diskusi #HeartlineCoffeeMorning di Radio Heartline 100.6 FM Tangerang ini rutin diadakan setiap hari Selasa, 08.00-10.00 di Maxx Coffee, Benton Junction, Tangerang. Anda bisa bergabung dan berjejaring dengan para pebisnis lainnya. Jika Anda ingin melihat tayangan diskusi ini, bisa menikmati di Youtube: Heartline Network. (YM).


Artikel Terkait

Melawan Informasi Hoax, Intoleransi & Radikalisme di Dunia Maya

Maraknya sosial media, seakan menjadi corong aspirasi masyarakat saat ini. Namun seakan, kebebasan berpendapat tersebut kelewat kebablasan. Pasalnya banyak yang menggunakan media sosial hanya untuk...

Selamat Datang Gubernur Baru DKI Jakarta!

Masyarakat DKI Jakarta telah menyalurkan suaranya dalam pilkada Rabu kemarin (19/04/17). Sejumlah upaya masyarakat dikerahkan, guna untuk menggunakan hak pilih tersebut. Kini saatnya menerima hasil...

The Power of Women

Sejuta definisi nampaknya kurang untuk menggambarkan sosok wanita. Ciptaan Yang Maha Kuasa ini begitu unik, konon karena ia dijadikan dari tulang rusuk sang Adam.

Oleh sebab itulah, tidakla...

Mendagri: Pemilihan Suara Pilkada DKI Akan Berlangsung Aman

Masyarakat ibu kota bersiap menyambut pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta dengan periode masa jabatan 2017-2022, pada lusa, Rabu (19/04/17). Kandidat calon gubernur (cagub...

Taiwan Resmi Larang Sembelih Anjing Dan Kucing

Parlemen pemerintahan Taiwan secara resmi telah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) yang menyatakan larangan penyembelihan kucing dan anjing untuk dikonsumsi manusia.

Dilansir dari lam...