Heartline Network

Tips Untuk Mengembangkan Karir

Bergeraknya grafik peningkatan karir bisa dimulai dengan menentukan dan menetapkan target. Anda bisa membuat daftar setiap tahunnya untuk pencapaian yang diinginkan. Pengembangan karir pada dasarnya berorientasi pada perkembangan perusahaan dalam menjawab tantangan bisnis di masa mendatang. Setiap perusahaan pun harus menerima kenyataan, bahwa ekstensinya di masa depan juga tergantung pada Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompetitif dalam sebuah perusahaan. Dengan kata lain, pembinaan karir adalah salah satu kegiatan manajemen SDM yang harus dilaksanakan sebagai kegiatan formal yang dilakukan secara terintegrasi dengan kegiatan SDM lainnya. Dari kegiatan-kegiatan manajemen SDM tersebut, harus diperoleh sejumlah tenaga kerja yang potensial dengan kualitas terbaik. Tenaga kerja seperti itulah yang harus diberi kesempatan untuk mengembangkan karir, agar dengan kemampuannya yang terus meningkat sesuai dengan tuntutan lingkungan bisnis, tidak saja mampu mempertahankan eksistensi, tetapi juga mampu mengembangkan dan memajukan perusahaan.

Dalam talkshow yang digelar oleh Heartline di Maxx Coffee selasa pagi, General Manager PT. Cantika Puspa Pesona, Ita Utamiwati menjelaskan bagaimana cara mengelola SDM, yaitu dengan menyediakan apa yang menjadi kebutuhan SDM, memberikan gaji sesuai atau diatas Upah Minimum Regional (UMR), karena dengan memenuhi kebutuhan SDM, maka customer juga akan merasa puas, dan jika customer puas, maka akan menghasilkan profit, jika menghasilkan profit, owner akan merasa puas dan akan memenuhi kebutuhan SDM. “Hal tersebut seperti mata rantai” ungkapnya. Beliau juga menyatakan opininya, yang harus dilakukan adalah membuat inovasi, memberikan produk-produk yang berkualitas dan dibuat oleh kita sendiri, contohnya Martha Tilaar mempunyai sembilan treatment dari Indonesia, diantaranya adalah dari Uluwatu, Minahasa, Kalimantan, Jogja dan Sumatera Barat. Sampai saat ini Martha Tilaar memiliki 54 franchise di Indonesia.

Jemy Yapola yaitu Owner Fry Day Chicken memulai karirnya dengan mengamati apa yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, “orang-orang Indonesia suka makan ayam goreng, dan mereka suka dengan sesuatu yang praktis, nah dari situ saya berfikir dengan brainstorming saya, bagaimana membuat orang-orang bisa makan ayam goreng dengan cara praktis.” Itulah awal mula terbentuknya Fry Day Chicken yang saat ini sudah memiliki 100 franchise di Solo. Bisnis yang baru berjalan satu tahun ini, sudah langsung booming di kota Solo. Namun, dalam dunia perbisnisan pasti selalu ada competitor. Beliau tidak menganggap itu sebuah halangan yang berarti, hal ini justru membuat produknya merasa diterima oleh masyarakat dan dengan adanya para competitor, justru membuat Beliau semakin terpacu untuk membuat inovasi serta menciptakan ide-ide baru. Untuk menjaga mutu, Fry Day Chicken melakukan mistery guest setiap tiga bulan sekali, yang bertugas mengecek makanan dan kualitas dari produknya.

Demikian seputar tips untuk mengembangkan karir, semoga bermanfaat. Nantikan tips berikutnya, hanya di Heartline.co.id.

Penulis: Oktavia Anastasia Iswari

(Dengarkan #HeartlineCoffeeMorning on Location setiap Selasa, 08.00-10.00 WIB di Radio Heartline 100.6 FM Tangerang)


Artikel Terkait

ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Bom Kampung Melayu

Kelompok teror ISIS mengaku bertanggung jawab atas kejadian bom Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang terjadi pada Rabu (24/5) malam.

“Pelaksana dari serangan terhadap polisi I...

Nicky Hayden Wafat Setelah Lima Hari Dirawat Pasca Kecelakaan

Mantan juara dunia MotoGP, Nicky Hayden tak dapat diselamatkan lagi nyawanya pasca tertabrak mobil saat bersepeda lima hari lalu di pesisir Italia.

Seperti dilansir dari BBC Sport<...

Konsernya Dibom, Ariana Grande Akhirnya Buka Suara

Konser Ariana Grande menorehkan luka yang mendalam dalam salah satu sejarah musik. Bagaimana tidak, konser pertamanya di Eropa diwarnai dengan aksi ledakan yang diduga terorisme dan bunuh diri...

Jokowi Harap Umat Islam Tak Anggap Amerika sebagai Musuh

Presiden Joko Widodo memberikan pesan khusus kepada umat Islam di dunia saat konferensi "Arab Islamic American Summit”. Dia berharap konferensi yang mempertemukan pimpinan negar...

Mengaum atau Mengembik?

Setiap tanggal 20 Mei, bangsa kita memperingati hari yang bersejarah yakni Hari Kebangkitan Nasional, yang diambil dari peristiwa lahirnya organisasi Boedi Oetomo tahun 1908. Mengapa lahirnya Boedi...