Heartline Network

Negara Mana yang Paling Dermawan?

Kedermawanan adalah perilaku surga. Sebab dari perilaku dermawan, orang-orang bisa melihat alasan-alasan lain mengapa kita harus menjadi orang baik. Seorang Sufi pernah menulis demikian: “Sifat dermawan dan murah hati, seumpama pohon, akarnya di surga dan cabang-cabangnya bergantungan di dunia. Barangsiapa berpegang salah satu cabang itu akan dibawanya ke surga sifat kikir dan tamak hati.”

Di dunia ini ada badan amal Charities Aid Foundation (CAF) yang setiap tahunnya mengeluarkan sebuah indek mengenai negara atau penduduk mana yang memiliki sikap kedermawanan tertinggi. Hasilnya, Indonesia menduduki peringkat ketujuh dalam World Giving Index 2016 yang dilansir beberapa waktu lalu dari 140 negara yang disurvey dengan menyebarkan 1.000 kuesioner.

Lantas, siapakah yang menduduki peringkat pertama dalam hal kedermawanan? Ternyata posisi itu diduduki oleh Myanmar. Myanmar dinobatkan sebagai negara paling murah hati di dunia,dan ini adalah peringkat ketiga kalinya berturut-turut untuk Myanmar.

Dalam seleksi CAF, negara beribukota Naypyidaw ini memiliki beberapa kebiasan baik yang membuatnya melambung di puncak peringkat, seperti: Kebiasaan memberikan uang sebagai donasi, kemauan menolong orang asing, dan meluangkan waktu secara sukarela. Studi ini menjabarkan, 91% warga Myanmar gemar mendonasikan uang mereka.

Setelah Myanmar, ada Amerika Serikat dan Australia yang menyusul di peringkat kedua dan ketiga. Amerika menempati urutan kedua dengan tingkat kedermawanan 61%, Australia 60%, Selandia Baru 59%, Sri Lanka 57%, dan Kanada 56%.

Sementara itu, untuk kategori menolong orang asing, Negara Irak ternyata menduduki peringkat teratas dengan jumlah 81%. Lalu kategori sukarelawan disabet oleh Negara Turkmenistan dengan jumlah 60%/ Di bawah Indonesia, ada Ingris dengan level kedermawanan 54%, dan angka ini membuat Inggris menjadi negara paling dermawan di Eropa. Uni Emirat Arab di posisi 10 dengan level 53%. Sementara itu, China justru dikatakan sebagai negara yang paling tidak dermawan.

Radio Heartline Tangerang

Tak hanya berfungsi sebagai media, Radio Heartline 100.6 FM Tangerang, selama berdiri juga sudah memberikan perhatian khusus tentang kegiatan sosial yang memberi dampak bagi orang banyak. Kegiatan seperti donor darah, bantuan untuk korban bencana dengan Heartline Peduli dan Radio Tanggap Bencana, beasiswa untuk anak-anak sekolah, bantuan biaya rumah sakit untuk yang tidak mampu, memberi makan para janda, memberi bantuan modal bagi usaha kecil, pelatihan dan pengembangan kapasitas lainnya.

Jika Anda juga tergerak mau menjadi bagian dari semangat kedermawanan, Anda bisa menyalurkannya di Heartline Peduli Radio Heartline 100.6 FM Tangerang. Anda bisa menghubungi 021-59494223 di hari dan jam kerja.


Artikel Terkait

Selamat Datang Gubernur Baru DKI Jakarta!

Masyarakat DKI Jakarta telah menyalurkan suaranya dalam pilkada Rabu kemarin (19/04/17). Sejumlah upaya masyarakat dikerahkan, guna untuk menggunakan hak pilih tersebut. Kini saatnya menerima hasil...

The Power of Women

Sejuta definisi nampaknya kurang untuk menggambarkan sosok wanita. Ciptaan Yang Maha Kuasa ini begitu unik, konon karena ia dijadikan dari tulang rusuk sang Adam.

Oleh sebab itulah, tidakla...

Mendagri: Pemilihan Suara Pilkada DKI Akan Berlangsung Aman

Masyarakat ibu kota bersiap menyambut pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta dengan periode masa jabatan 2017-2022, pada lusa, Rabu (19/04/17). Kandidat calon gubernur (cagub...

Taiwan Resmi Larang Sembelih Anjing Dan Kucing

Parlemen pemerintahan Taiwan secara resmi telah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) yang menyatakan larangan penyembelihan kucing dan anjing untuk dikonsumsi manusia.

Dilansir dari lam...

SIGNIFIKAN! Penumpang Transjakarta Naik 41,3 Persen Dalam 3 Bulan

Selama periode Januari – Maret 2017, jumlah pengguna moda angkutan Bus Transjakarta mengalami peningkatan sebesar 41,3 persen, dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Menurut dat...