Heartline Network

Menjual adalah Menolong Orang Lain

Menjual adalah seni. Seni adalah kolaborasi antara pengetahuan, keterampilan dan kompetensi. Jadi orang yang menjadi seorang sales, dia harus memiliki kecapakan untuk mengkomunikasikan pengetahuannya tentang suatu produk/jasanya kepada sasaran market dengan cara yang terampil dan kompeten.

Hari ini, Selasa (8/11/2016), Djoko Kurniawan, Senior Business Consultant dan mentor 250 UMKM, memberikan pelatihan “How to Increase Your Selling” di Heartline Center Building, Lippo Village, Tangerang. Dalam training yang dibawa ringan meski topiknya mendalam, para peserta mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan (karena ada simulasi) tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang sales.

Prinsip menjual adalah menolong orang lain,” kata Djoko Kurniawan yang juga aktif menjadi kolomnis di beberapa media nasional. “Kalau dalam pikiran dan hati kita, motivasinya adalah menolong customer kita, maka ujungnya, customer  kita juga akan menolong kita.” Djoko menekankan pentingnya unsur pembeda dari cara kita berjualan dengan cara orang lain berjualan. “Semua produk atau jasa memiliki kompetitor, kecuali PLN,” seloroh Djoko Kurniawan,”Karena itu kita harus memberi alasan kepada customer, kenapa mereka memilih kita dan tidak memilih pesaing kita.”

Ada banyak interaksi dari para peserta terkait topik yang dibahas, karena banyak gagasan praksis yang langsung bisa diterapkan, sehingga acara berlangsung rileks dan tidak membosankan. Para peserta juga diajak untuk mengenal berbagai perilaku customer berdasarkan karakter yang mereka miliki, sehingga memerlukan pendekatan yang berbeda-beda. “Orang yang memiliki karakter dominan harus kita hadapi dengan to the point, berbeda dengan cara pendekatan terhadap orang influence, orang steadiness dan orang cermat.”

Selling adalah soal bagaimana saya menyediakan produk yang dibutuhkan oleh customer. Meskipun kita memberikan discount 50%, atau bahkan free, tetapi kalau customer tidak membutuhkan produk tersebut, maka mereka tidak akan mengambilnya. Selain itu, menurut Djoko Kurniawan, Selling adalah membantu customer mendapatkan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Djoko Kurniawan adalah salah satu narasumber Talkshow bisnis di Radio Heartline 100.6 FM Tangerang. Anda bisa mendapatkan berbagai macam tips dengan mendengarkan siarannya di Radio terbaik di Tangerang ini.


Artikel Terkait

Ada Apa Dengan Cinta?

Bertepatan dengan momen hari kasih sayang atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan valentine’s day, Heartline Radio Tangerang kembali mengadakan program siaran Heartline Co...

Prakiraan Cuaca Ibukota dan Sekitarnya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa, dalam dua hari ke depan hingga Rabu (15/02/17), ibukota dan sekitarnya akan diguyur hujan berpotensi sedang hingga lebat...

The Rise Of Servant Leadership

Di segala lini kehidupan, manusia dituntut untuk melayani. Baik secara profesional maupun dalam keseharian, manusia akan ikut serta dalam perannya untuk melayani ataupun dilayani.

Dalam ran...

Siap Merayakan Imlek??? Yuk Intip Makna Pernak-Pernik Khas Imlek?

Masyarakat keturunan Tionghoa sedang bersiap menyambut perayaan tahun baru Imlek. Di Indonesia sendiri, tahun baru Imlek 2568 jatuh pada hari Sabtu tanggal 28 Januari 2017. Perayaan tahun baru Imle...

AKHIRNYA TERUNGKAP! Inilah Rahasia Bisnis Orang Tionghoa

Etnis Tionghoa adalah contoh bangsa pendatang yang sukses di Indonesia. Sejarah mencatat bahwa etnis Tionghoa banyak mendominasi berbagai sektor penting di negara ini, diantaranya: pemerintahan, pe...