Heartline Network

Menjual adalah Menolong Orang Lain

Menjual adalah seni. Seni adalah kolaborasi antara pengetahuan, keterampilan dan kompetensi. Jadi orang yang menjadi seorang sales, dia harus memiliki kecapakan untuk mengkomunikasikan pengetahuannya tentang suatu produk/jasanya kepada sasaran market dengan cara yang terampil dan kompeten.

Hari ini, Selasa (8/11/2016), Djoko Kurniawan, Senior Business Consultant dan mentor 250 UMKM, memberikan pelatihan “How to Increase Your Selling” di Heartline Center Building, Lippo Village, Tangerang. Dalam training yang dibawa ringan meski topiknya mendalam, para peserta mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan (karena ada simulasi) tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang sales.

Prinsip menjual adalah menolong orang lain,” kata Djoko Kurniawan yang juga aktif menjadi kolomnis di beberapa media nasional. “Kalau dalam pikiran dan hati kita, motivasinya adalah menolong customer kita, maka ujungnya, customer  kita juga akan menolong kita.” Djoko menekankan pentingnya unsur pembeda dari cara kita berjualan dengan cara orang lain berjualan. “Semua produk atau jasa memiliki kompetitor, kecuali PLN,” seloroh Djoko Kurniawan,”Karena itu kita harus memberi alasan kepada customer, kenapa mereka memilih kita dan tidak memilih pesaing kita.”

Ada banyak interaksi dari para peserta terkait topik yang dibahas, karena banyak gagasan praksis yang langsung bisa diterapkan, sehingga acara berlangsung rileks dan tidak membosankan. Para peserta juga diajak untuk mengenal berbagai perilaku customer berdasarkan karakter yang mereka miliki, sehingga memerlukan pendekatan yang berbeda-beda. “Orang yang memiliki karakter dominan harus kita hadapi dengan to the point, berbeda dengan cara pendekatan terhadap orang influence, orang steadiness dan orang cermat.”

Selling adalah soal bagaimana saya menyediakan produk yang dibutuhkan oleh customer. Meskipun kita memberikan discount 50%, atau bahkan free, tetapi kalau customer tidak membutuhkan produk tersebut, maka mereka tidak akan mengambilnya. Selain itu, menurut Djoko Kurniawan, Selling adalah membantu customer mendapatkan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Djoko Kurniawan adalah salah satu narasumber Talkshow bisnis di Radio Heartline 100.6 FM Tangerang. Anda bisa mendapatkan berbagai macam tips dengan mendengarkan siarannya di Radio terbaik di Tangerang ini.


Artikel Terkait

Melawan Informasi Hoax, Intoleransi & Radikalisme di Dunia Maya

Maraknya sosial media, seakan menjadi corong aspirasi masyarakat saat ini. Namun seakan, kebebasan berpendapat tersebut kelewat kebablasan. Pasalnya banyak yang menggunakan media sosial hanya untuk...

Selamat Datang Gubernur Baru DKI Jakarta!

Masyarakat DKI Jakarta telah menyalurkan suaranya dalam pilkada Rabu kemarin (19/04/17). Sejumlah upaya masyarakat dikerahkan, guna untuk menggunakan hak pilih tersebut. Kini saatnya menerima hasil...

The Power of Women

Sejuta definisi nampaknya kurang untuk menggambarkan sosok wanita. Ciptaan Yang Maha Kuasa ini begitu unik, konon karena ia dijadikan dari tulang rusuk sang Adam.

Oleh sebab itulah, tidakla...

Mendagri: Pemilihan Suara Pilkada DKI Akan Berlangsung Aman

Masyarakat ibu kota bersiap menyambut pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta dengan periode masa jabatan 2017-2022, pada lusa, Rabu (19/04/17). Kandidat calon gubernur (cagub...

Taiwan Resmi Larang Sembelih Anjing Dan Kucing

Parlemen pemerintahan Taiwan secara resmi telah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) yang menyatakan larangan penyembelihan kucing dan anjing untuk dikonsumsi manusia.

Dilansir dari lam...