Heartline Network

Menjual adalah Menolong Orang Lain

Menjual adalah seni. Seni adalah kolaborasi antara pengetahuan, keterampilan dan kompetensi. Jadi orang yang menjadi seorang sales, dia harus memiliki kecapakan untuk mengkomunikasikan pengetahuannya tentang suatu produk/jasanya kepada sasaran market dengan cara yang terampil dan kompeten.

Hari ini, Selasa (8/11/2016), Djoko Kurniawan, Senior Business Consultant dan mentor 250 UMKM, memberikan pelatihan “How to Increase Your Selling” di Heartline Center Building, Lippo Village, Tangerang. Dalam training yang dibawa ringan meski topiknya mendalam, para peserta mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan (karena ada simulasi) tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang sales.

Prinsip menjual adalah menolong orang lain,” kata Djoko Kurniawan yang juga aktif menjadi kolomnis di beberapa media nasional. “Kalau dalam pikiran dan hati kita, motivasinya adalah menolong customer kita, maka ujungnya, customer  kita juga akan menolong kita.” Djoko menekankan pentingnya unsur pembeda dari cara kita berjualan dengan cara orang lain berjualan. “Semua produk atau jasa memiliki kompetitor, kecuali PLN,” seloroh Djoko Kurniawan,”Karena itu kita harus memberi alasan kepada customer, kenapa mereka memilih kita dan tidak memilih pesaing kita.”

Ada banyak interaksi dari para peserta terkait topik yang dibahas, karena banyak gagasan praksis yang langsung bisa diterapkan, sehingga acara berlangsung rileks dan tidak membosankan. Para peserta juga diajak untuk mengenal berbagai perilaku customer berdasarkan karakter yang mereka miliki, sehingga memerlukan pendekatan yang berbeda-beda. “Orang yang memiliki karakter dominan harus kita hadapi dengan to the point, berbeda dengan cara pendekatan terhadap orang influence, orang steadiness dan orang cermat.”

Selling adalah soal bagaimana saya menyediakan produk yang dibutuhkan oleh customer. Meskipun kita memberikan discount 50%, atau bahkan free, tetapi kalau customer tidak membutuhkan produk tersebut, maka mereka tidak akan mengambilnya. Selain itu, menurut Djoko Kurniawan, Selling adalah membantu customer mendapatkan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Djoko Kurniawan adalah salah satu narasumber Talkshow bisnis di Radio Heartline 100.6 FM Tangerang. Anda bisa mendapatkan berbagai macam tips dengan mendengarkan siarannya di Radio terbaik di Tangerang ini.


Artikel Terkait

Mengupas Kekuatan Media Sosial di Tahun 2017

Perkembangan internet dan kemajuan teknologi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi sangat mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Tak dapat dipungkiri lagi segala macam informasi dan berita dapa...

Ketua PKK Yustin Ficardo Hadiri Pelaksanaan Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan di Mulya Sari Pesawaran

Heartlinefm, Bandar Lampung - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo bersama Tim Penilai dari TP PKK Provinsi Lampung, menghadiri acara pelaksanaan Lomba ...

Ribuan Warga Bandar Lampung Menghadiri Tabligh Akbar dan Doa Bersama

HeartlineFm, Bandar Lampung - Ribuan Warga Bandar Lampung menghadiri tabligh akbar dan doa bersama di lapangan Saburai, Enggal, Bandar Lampung, Rabu 30/11/2016.

Berdasarkan...

Penyuluh Perikanan di Lampung Tanyakan Kejelasan Status Kepegawaian

HeartlineFm, Bandar Lampung – Penyuluh perikanan di Lampung mempertanyakan status kepegawaian mereka.  Rostuti Lusiwati Sitanggang, salah seorang penyuluh perikanan Prov...

Penandatanganan Pakta Integritas Calon Bupati-Wakil, Ini Kata Gubernur Lampung

HeartlineFm, Bandar Lampung – Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengapresiasi upaya mengingatkan seluruh calon pemimpin daerah untuk tidak melakukan maladministrasi dan melaya...