Heartline Network

Menjual adalah Menolong Orang Lain

Menjual adalah seni. Seni adalah kolaborasi antara pengetahuan, keterampilan dan kompetensi. Jadi orang yang menjadi seorang sales, dia harus memiliki kecapakan untuk mengkomunikasikan pengetahuannya tentang suatu produk/jasanya kepada sasaran market dengan cara yang terampil dan kompeten.

Hari ini, Selasa (8/11/2016), Djoko Kurniawan, Senior Business Consultant dan mentor 250 UMKM, memberikan pelatihan “How to Increase Your Selling” di Heartline Center Building, Lippo Village, Tangerang. Dalam training yang dibawa ringan meski topiknya mendalam, para peserta mendapatkan banyak pengetahuan dan keterampilan (karena ada simulasi) tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh seorang sales.

Prinsip menjual adalah menolong orang lain,” kata Djoko Kurniawan yang juga aktif menjadi kolomnis di beberapa media nasional. “Kalau dalam pikiran dan hati kita, motivasinya adalah menolong customer kita, maka ujungnya, customer  kita juga akan menolong kita.” Djoko menekankan pentingnya unsur pembeda dari cara kita berjualan dengan cara orang lain berjualan. “Semua produk atau jasa memiliki kompetitor, kecuali PLN,” seloroh Djoko Kurniawan,”Karena itu kita harus memberi alasan kepada customer, kenapa mereka memilih kita dan tidak memilih pesaing kita.”

Ada banyak interaksi dari para peserta terkait topik yang dibahas, karena banyak gagasan praksis yang langsung bisa diterapkan, sehingga acara berlangsung rileks dan tidak membosankan. Para peserta juga diajak untuk mengenal berbagai perilaku customer berdasarkan karakter yang mereka miliki, sehingga memerlukan pendekatan yang berbeda-beda. “Orang yang memiliki karakter dominan harus kita hadapi dengan to the point, berbeda dengan cara pendekatan terhadap orang influence, orang steadiness dan orang cermat.”

Selling adalah soal bagaimana saya menyediakan produk yang dibutuhkan oleh customer. Meskipun kita memberikan discount 50%, atau bahkan free, tetapi kalau customer tidak membutuhkan produk tersebut, maka mereka tidak akan mengambilnya. Selain itu, menurut Djoko Kurniawan, Selling adalah membantu customer mendapatkan produk yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Djoko Kurniawan adalah salah satu narasumber Talkshow bisnis di Radio Heartline 100.6 FM Tangerang. Anda bisa mendapatkan berbagai macam tips dengan mendengarkan siarannya di Radio terbaik di Tangerang ini.


Artikel Terkait

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak menge...

Ironi Kelangkaan Garam Nasional

Terjadi kelangkaan pasokan garam di sejumlah pelosok tanah air. Salah satu penyebabnya dinilai karena anomali cuaca yang buruk akibat tingginya curah hujan, padahal seharusnya Indonesia sudah masuk...

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit men...

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...