Heartline Network

Pilkada Banten: Mudah dan Menentukan

Program unggulan Radio Heartline 100.6 FM Tangerang, pada hari selasa (15 November 2016), kembali mengadakan live broadcast roadshow ke Fame Hotel, Tangerang. Kali ini topik yang diangkat adalah seputar Pilkada Banten “Mudah dan Menentukan”. Hadir sebagai pembicara Dra. Hj. Eny Suhaeni, M.Si (pengamat politik), Akhmad Subagja (KPU Kabupaten Tangerang), Sanusi, S.Si (KPU Kota Tangerang), Badrussalam (KPU Kota Tangerang Selatan).

Seperti kita tahu, KPUD Provinsi Banten dalam rapat pleno beberapa waktu lalu, telah mengesahkan dua pasangan calon yang akan bertarung memperebutkan hati para pemilih warga Banten. Mereka adalah pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur, H. Rano Karno, S.IP dan Embay Mulya Syarief, serta Dr. H. Wahidin Halim, M.Si yang berpasangan dengan H. Andika Hazrumy, S.Sos.,M.AP.

Pilkada Banten sendiri akan dilaksanakan serentak dengan daerah-daerah lain yang menyelenggarakan pilkada serentak, yakni pada hari Rabu, 15 Februari 2017. Lantas seperti apa dinamika politik dan kesiapan dari wilayah Tangerang Raya sendiri menghadapi perhelatan besar ini? Heartline Coffee Morning, mengundang 3 narasumber dari komisioner KPUD Kabupaten Tangerang (Akhmad Subagja), Kota Tangerang (Sanusi, Ssi) dan Kota Tangerang Selatan (Badrussalam), serta pengamat politik (Dra. Hj. Eny Suhaeni, M.Si). Diskusi dipandu oleh Bung Jose M dan Riama Silitonga.

“Pilkada Banten ini mudah tetapi menentukan. Mudah karena hanya butuh 5 menit saja untuk mencoblos di TPS tetapi menentukan kehidupan masyarakat di Banten untuk 5 tahun yang akan datang,” ujar Ibu Eny Suhaeni, yang juga menjadi dosen di Universitas Muhamadiyah Tangerang (UMT).

Tantangan Tangerang Raya Menghadapi Pilkada

Rupanya kedekatan geografis Tangerang Raya dengan DKI Jakarta, membawa dampak yang besar bagi proses sosialisasi pilkada Banten serta antusiasme warga Tangerang. “Di Tangerang Selatan, misalnya, masyarakat lebih tahu dan terlibat emosional dengan dinamika Pilkada DKI Jakarta, dibandingkan dengan Pilkada Banten.” Ungkap Badrussalam dari KPUD Kota Tangerang Selatan. “Para pemilih pemula lebih mengenal calon gubernur dan wakilnya dari DKI Jakarta, dibandingkan dengan calon gubernur dan wakil dari Pilgub Banten.” Tentu saja ini tantangan bagi kita semua warga Banten, agar juga lebih peduli dengan perhelatan di rumah sendiri, dibanding dengan perhelatan di rumah tetangga. “Sosialisasi tidak hanya menjadi tugas KPU, tetapi semua pihak yang berkepentingan,” ujar Badrussalam. Lebih daripada itu, tugas calon dan tim suksesnyalah yang harus membuat sosok-sosok calon pemimpin Banten ini bisa menjadi magnet bagi para calon pemilih, dengan cara menawarkan terobosan programnya. Di Tangerang Selatan sendiri, secara berturut-turut dilaksanakan pemilihan umum seperti ini. Pada tahun 2014 ada pemilihan presiden dan legislatif, lalu tahun 2015 kemarin ada pemilihan wali kota, serta tahun 2017 nanti ada pemilihan gubernur dan wakil.  

Jika sosialisasi ini bisa dilakukan maksimal, maka diharapkan partisipasi masyarakat bisa tinggi terlibat dalam Pilkada Banten. “Di Kabupaten Tangerang sendiri ada 2.065.560 pemilih dengan 4713 TPS. Dan ini adalah jumlah terbanyak di Provinsin Banten.” Kata Akhmad Subagja dari KPUD Kabupaten Tangerang. Dengan jumlah pemilih sebanyak itu, maka sangat disayangkan jika tingkat partisipasi rendah. “Pernah di pemilihan yang lalu, di sebuah kompleks perumahan dimana seharusnya ada 300 pemilih, tetapi yang berpartisipasi hanya 9 orang.” Tambah Subagja yang pagi itu mengenakan baju putih.

Dinamika politik juga berbeda di Kota Tangerang. “Karena ada salah satu calon gubernur yang punya latar belakang pernah menjadi walikota di Kota Tangerang, maka ada dinamika persaingan yang tinggi. Sampai sekarang sudah dilaporkan ada 29 spanduk calon yang hilang. Padahal atribut ini kan dibuat dari anggaran negara, lantas siapa yang mau ganti?” Tutur Sanusi dari KPUD Kota Tangerang. Di Kota Tangerang sendiri Daftar Pemilih Tetap ada 112.725 pemilih. “Saya harapkan pemilih lebih rasional”, ungkap ketua KPUD Kota Tangerang ini.

Jika Anda ingin mengikuti perhelatan pilkada serenda ini, Anda juga bisa mengunduh aplikasinya di playstore dengan kata kunci: smartvote. Di sana Andapun bisa mengecek apakah Anda sudah terdaftar sebagai pemilih atau belum. Sebab Pilkada Banten ini “Mudah dan Menentukan”, maka gunakan hak pilih Anda untuk menentukan masa depan Provinsi Banten.


Artikel Terkait

Mengupas Kekuatan Media Sosial di Tahun 2017

Perkembangan internet dan kemajuan teknologi saat ini tidak dapat dipungkiri lagi sangat mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia. Tak dapat dipungkiri lagi segala macam informasi dan berita dapa...

Ketua PKK Yustin Ficardo Hadiri Pelaksanaan Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan di Mulya Sari Pesawaran

Heartlinefm, Bandar Lampung - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo bersama Tim Penilai dari TP PKK Provinsi Lampung, menghadiri acara pelaksanaan Lomba ...

Ribuan Warga Bandar Lampung Menghadiri Tabligh Akbar dan Doa Bersama

HeartlineFm, Bandar Lampung - Ribuan Warga Bandar Lampung menghadiri tabligh akbar dan doa bersama di lapangan Saburai, Enggal, Bandar Lampung, Rabu 30/11/2016.

Berdasarkan...

Penyuluh Perikanan di Lampung Tanyakan Kejelasan Status Kepegawaian

HeartlineFm, Bandar Lampung – Penyuluh perikanan di Lampung mempertanyakan status kepegawaian mereka.  Rostuti Lusiwati Sitanggang, salah seorang penyuluh perikanan Prov...

Penandatanganan Pakta Integritas Calon Bupati-Wakil, Ini Kata Gubernur Lampung

HeartlineFm, Bandar Lampung – Gubernur Lampung M Ridho Ficardo mengapresiasi upaya mengingatkan seluruh calon pemimpin daerah untuk tidak melakukan maladministrasi dan melaya...