Heartline Network

Yuk Menabung!

Yuk menabung adalah salah satu program dari pemerintah yang mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk menabung agar masa depan sejahtera. Gerakan tersebut dideklarasikan pada tanggal 31 Oktober 2016 yang lalu oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi

Tetapi yang menjadi masalah terbesar dimasyarakat adalah besarnya pengeluaran sama dengan penghasilan yang didapat bahkan ada yang yang sampai berutang untuk pengeluaran sehari-hari. Bagaimana konsep yang benar dalam pengelolaan keuangan sehari-hari dari penghasilan yang diterima? Konsep yang benar adalah 10 persen dialokasikan untuk dana sosial (zakat, perpuluhan dll), 20-30 persen dialokasikan untuk tabungan atau investasi dan sisanya silahkan dihabiskan untuk keperluan sehari-hari.

Konsep dalam pengelolaan keuangan sangat berpengaruh dengan  gaya hidup sesorang atau keluarga pada kehidupan sehari-hari. Misal : Nonton setiap minggu, ngobrol di café 2 kali dalam seminggu, berganti HP setiap tahun.  Jadi setiap orang atau keluarga harus bisa mengevaluasi dan memilah alokasi anggaran pengeluaran yang sesuai kebutuhan bukan keinginan.

Sekarang masyarakat sudah semakin dipermudah dengan berbagai  pilihan tabungan/investasi  untuk menabung diberbagai industri keuangan seperti :

  1. Tabungan/Deposito di bank
  2. Tabungan Emas di perusahaan BUMN
  3. Tabungan Saham di perusahaan sekuritas
  4. Tabungan Reksadana di perusahaan asset Manajemen
  5. Tabungan Asuransi di perusahaan asuransi

Jangan sembarang untuk menabung, pilihlah perusahaan yang mempunyai ijin dari badan pemerintah yang berwenang seperti : Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pengelola Pasar Modal, Departemen Keuangan, Bank Indonesia.

Banyak sekarang yang menawarkan tabungan/investasi dengan imbal hasil yang luar biasa sehingga masyarakat sangat mudah tergoda oleh tawaran tersebut. Karena biasanya perusahaan yang imbal hasilnya luar biasa tidak bertahan lama atau banyak juga pemiliknya kabur. Jadi untuk masyarakat harus waspada dan hati-hati dari segala tawaran yang menggiurkan.

Selamat Menabung.

Penulis : Muljono, CFP ®, QWP ®, QFE (Financial Educator, jonomul@yahoo.com)


Artikel Terkait

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lemba...

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangka...

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas J...

Menelisik Kiprah Ronny F. Sompie Dalam Perjalanan Karirnya

Rangkaian program siaran bincang pagi Heartline Coffee Morning kembali diadakan Radio Heartline, kemarin (04/07/17). Bertempat di Heart Studio, Gd. Heartline Center lantai 4, siaran langsung terseb...