Heartline Network

Yuk Menabung!

Yuk menabung adalah salah satu program dari pemerintah yang mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk menabung agar masa depan sejahtera. Gerakan tersebut dideklarasikan pada tanggal 31 Oktober 2016 yang lalu oleh Presiden Republik Indonesia Jokowi

Tetapi yang menjadi masalah terbesar dimasyarakat adalah besarnya pengeluaran sama dengan penghasilan yang didapat bahkan ada yang yang sampai berutang untuk pengeluaran sehari-hari. Bagaimana konsep yang benar dalam pengelolaan keuangan sehari-hari dari penghasilan yang diterima? Konsep yang benar adalah 10 persen dialokasikan untuk dana sosial (zakat, perpuluhan dll), 20-30 persen dialokasikan untuk tabungan atau investasi dan sisanya silahkan dihabiskan untuk keperluan sehari-hari.

Konsep dalam pengelolaan keuangan sangat berpengaruh dengan  gaya hidup sesorang atau keluarga pada kehidupan sehari-hari. Misal : Nonton setiap minggu, ngobrol di café 2 kali dalam seminggu, berganti HP setiap tahun.  Jadi setiap orang atau keluarga harus bisa mengevaluasi dan memilah alokasi anggaran pengeluaran yang sesuai kebutuhan bukan keinginan.

Sekarang masyarakat sudah semakin dipermudah dengan berbagai  pilihan tabungan/investasi  untuk menabung diberbagai industri keuangan seperti :

  1. Tabungan/Deposito di bank
  2. Tabungan Emas di perusahaan BUMN
  3. Tabungan Saham di perusahaan sekuritas
  4. Tabungan Reksadana di perusahaan asset Manajemen
  5. Tabungan Asuransi di perusahaan asuransi

Jangan sembarang untuk menabung, pilihlah perusahaan yang mempunyai ijin dari badan pemerintah yang berwenang seperti : Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pengelola Pasar Modal, Departemen Keuangan, Bank Indonesia.

Banyak sekarang yang menawarkan tabungan/investasi dengan imbal hasil yang luar biasa sehingga masyarakat sangat mudah tergoda oleh tawaran tersebut. Karena biasanya perusahaan yang imbal hasilnya luar biasa tidak bertahan lama atau banyak juga pemiliknya kabur. Jadi untuk masyarakat harus waspada dan hati-hati dari segala tawaran yang menggiurkan.

Selamat Menabung.

Penulis : Muljono, CFP ®, QWP ®, QFE (Financial Educator, jonomul@yahoo.com)


Artikel Terkait

ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Bom Kampung Melayu

Kelompok teror ISIS mengaku bertanggung jawab atas kejadian bom Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang terjadi pada Rabu (24/5) malam.

“Pelaksana dari serangan terhadap polisi I...

Nicky Hayden Wafat Setelah Lima Hari Dirawat Pasca Kecelakaan

Mantan juara dunia MotoGP, Nicky Hayden tak dapat diselamatkan lagi nyawanya pasca tertabrak mobil saat bersepeda lima hari lalu di pesisir Italia.

Seperti dilansir dari BBC Sport<...

Konsernya Dibom, Ariana Grande Akhirnya Buka Suara

Konser Ariana Grande menorehkan luka yang mendalam dalam salah satu sejarah musik. Bagaimana tidak, konser pertamanya di Eropa diwarnai dengan aksi ledakan yang diduga terorisme dan bunuh diri...

Jokowi Harap Umat Islam Tak Anggap Amerika sebagai Musuh

Presiden Joko Widodo memberikan pesan khusus kepada umat Islam di dunia saat konferensi "Arab Islamic American Summit”. Dia berharap konferensi yang mempertemukan pimpinan negar...

Mengaum atau Mengembik?

Setiap tanggal 20 Mei, bangsa kita memperingati hari yang bersejarah yakni Hari Kebangkitan Nasional, yang diambil dari peristiwa lahirnya organisasi Boedi Oetomo tahun 1908. Mengapa lahirnya Boedi...