Heartline Network

Embarkasi Bandara Radin Inten II, Surat Gubernur Telah Diterima Dirjen Haji dan Umrah Kemenag

HeartlineFm, Bandar Lampung  – Alih status Bandara Radin Inten II menjadi embarkasi penuh tahun 2017 menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Lampung. Pemprov sudah mengirimkan surat ke Kanwil Kemenag Lampung terkait kenaikan status bandara.

Demikian dikatakan Asisten IV Bidang Administrasi Umum Pemprov Lampung Hamartoni Ahadist. Kata dia, pihaknya telah mengirimkan surat Gubernur terkait kenaikan status embarkasi ini.

“Surat Gubernur Ridho soal rencana embarkasi penuh ini sudah diterima Direktur Pelaksanaan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil. Agenda prioritas kami ialah peningkatan status di samping pembangunan infrastrukturnya,” kata Hamartoni kepada jejamo.com, Minggu malam, 20/11/2016.

Selain itu, kata dia, Pemprov masih melengkapi persyaratan administratif perizinan yang dibutuhkan Pemerintah Pusat.

“Pembangunan fasilitas pendukung Asrama Haji dan perluasan lahan parkir juga terus dilakukan dan dianggarkan untuk 2017,” ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas PU Lampung Utara ini menambahkan, rencana ini juga didukung pembangunan infrastruktur dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Agama.

Pihaknya berharap status bandara dapat meningkat tahun depan.

“Harus ada sinergi. Insya Allah tahun depan jamaah calon haji langsung ke Jeddah dan Madinah dari Bandara Radin Inten II,” pungkasnya.

Terpisah, Kakanwil Kemenag Lampung Suhaili menjelaskan, ia sudah menyampaikan rencana peningkatan status dari embarkasi antara menjadi embarkasi dan debarkasi penuh pada 2017 mendatang ke Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin saat melakukan kunjungan kerja ke Tulangbawang Barat bulan lalu.

“Saya  bersama Pak Wagub Bachtiar Basri, ketika di mobil, saya sampaikan keinginan Gubernur untuk embarkasi penuh tahun 2017. Menteri merespons baik,” kata Suhaili .

Kendati demikian, menurut Suhaili, karena komponen untuk menjadi embarkasi penuh itu banyak, harus dipersiapkan bersama.

“Tidak hanya Kemenag, tetapi berkaitan juga dengan Imigrasi, Perhubungan, Bea Cukai, kesiapan bandara, dan lainnya,” jelas Suhaili.(*)

Laporan Heartline Fm


Artikel Terkait

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lemba...

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangka...

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas J...