Heartline Network

Embarkasi Bandara Radin Inten II, Surat Gubernur Telah Diterima Dirjen Haji dan Umrah Kemenag

HeartlineFm, Bandar Lampung  – Alih status Bandara Radin Inten II menjadi embarkasi penuh tahun 2017 menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Lampung. Pemprov sudah mengirimkan surat ke Kanwil Kemenag Lampung terkait kenaikan status bandara.

Demikian dikatakan Asisten IV Bidang Administrasi Umum Pemprov Lampung Hamartoni Ahadist. Kata dia, pihaknya telah mengirimkan surat Gubernur terkait kenaikan status embarkasi ini.

“Surat Gubernur Ridho soal rencana embarkasi penuh ini sudah diterima Direktur Pelaksanaan Haji dan Umrah Kementerian Agama Abdul Djamil. Agenda prioritas kami ialah peningkatan status di samping pembangunan infrastrukturnya,” kata Hamartoni kepada jejamo.com, Minggu malam, 20/11/2016.

Selain itu, kata dia, Pemprov masih melengkapi persyaratan administratif perizinan yang dibutuhkan Pemerintah Pusat.

“Pembangunan fasilitas pendukung Asrama Haji dan perluasan lahan parkir juga terus dilakukan dan dianggarkan untuk 2017,” ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas PU Lampung Utara ini menambahkan, rencana ini juga didukung pembangunan infrastruktur dari Kementerian Perhubungan dan Kementerian Agama.

Pihaknya berharap status bandara dapat meningkat tahun depan.

“Harus ada sinergi. Insya Allah tahun depan jamaah calon haji langsung ke Jeddah dan Madinah dari Bandara Radin Inten II,” pungkasnya.

Terpisah, Kakanwil Kemenag Lampung Suhaili menjelaskan, ia sudah menyampaikan rencana peningkatan status dari embarkasi antara menjadi embarkasi dan debarkasi penuh pada 2017 mendatang ke Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin saat melakukan kunjungan kerja ke Tulangbawang Barat bulan lalu.

“Saya  bersama Pak Wagub Bachtiar Basri, ketika di mobil, saya sampaikan keinginan Gubernur untuk embarkasi penuh tahun 2017. Menteri merespons baik,” kata Suhaili .

Kendati demikian, menurut Suhaili, karena komponen untuk menjadi embarkasi penuh itu banyak, harus dipersiapkan bersama.

“Tidak hanya Kemenag, tetapi berkaitan juga dengan Imigrasi, Perhubungan, Bea Cukai, kesiapan bandara, dan lainnya,” jelas Suhaili.(*)

Laporan Heartline Fm


Artikel Terkait

Mendapatkan Peluang Bisnis dari Segala Situasi

Sekarang ini semakin banyak bisnis startup baru yang bermunculan. Dari e-commerce hingga bisnis makanan kecil sekalipun, seperti cemilan. Pada kesempatan kali ini, program St...

The Heart of Fashion with Handy Hartono

Indonesia memiliki banyak kebudayaan, salah satunya adalah kekayaan akan kain tradisional yang berasal dari berbagai daerah Indonesia. Kain tradisional memiliki nilai seni yang tinggi. Saat ini kai...

Survei Pasar Sebagai Fondasi Berbisnis

Opini masyarakat merupakan suatu hal yang dapat membantu pebisnis dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Oleh sebab itu, sebelum memulai sebuah bisnis, sangat perlu untuk melakukan survei pasar t...

Impactful Coaching

Apakah belakangan ini Anda sering mendengar kata coach, yang digunakan untuk menyebut seorang pelatih? Namun,  apa yang sebenarnya dimaksud dengan istilah coaching? Bagaimana...

Ide Bisnis Yang Melawan Mainstream

Menciptakan sebuah bisnis perlu adanya sebuah produk atau jasa yang menjual dan memiliki value. Bisnis yang dibentuk dengan value pasti akan mampu bertahan dalam jangka wangku yan...