Heartline Network

Wakil Gubernur Lampung Hadiri Panen Pedet IB Wujudkan Lampung Sebagai Lumbung Ternak Nasional

HeartlineFm, Bandar Lampung - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mewakili Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, menghadiri acara Panen Pedet Hasil Inseminasi Buatan mewujudkan Lampung sebagai lumbung ternak nasional yang dilangsungkan di Desa Wonodadi Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (15/11/2016). 

Selain di Lampung acara ini juga diadakan serentak se-Indonesia. Di Lampung dipusatkan di Wonodadi, dihadiri oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian RI I Ketut Diarmita MP, dan segenap jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan 

Dalam sambutannya Bachtiar Basri menyampaikan bahwa Lampung sesungguhnya sangat potensial untuk peternakan. Baik dirinya dan gubernur berharap kepada Menteri Pertanian melalui Dirjen PKH agar mendapat perhatian lebih dari pusat.

"Kita bukan ingin meminta lebih tetapi faktanya bahwa Provinsi Lampung ini merupakan penyumbang terbesar khususnya masalah daging baik untuk daerah Jawa Barat, DKI Jakarta, bahkan sampai Dumai Pekanbaru. Artinya Lampung strategis untuk dijadikan sentra ternak nasional." Jelas Bachtiar Basri.

Lebih lanjut, Bachtiar Basri menjelaskan bahwa Lampung telah dibagi dalam daerah-daerah pengembangan antara lain Kabupaten Lampung Selatan sebagai wilayah sumber bibit Sapi Peranakan Ongole (PO). Kemudian di Tanggamus sebagai daerah rumpun kambing saburai sebagai sumber daya genetik ternak Indonesia. Kabupaten Tulang Bawang sebagai wilayah kawasan ternak kerbau. Kemudian yang akan dikembangkan di Kabupaten Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat sebagai wilayah sumber bibit sapi bali dan sapi PO. Maka dari itu maka tepat bila Lampung dijadikan wilayah sentra ternak.

Selain itu Bachtiar berharap kepada pihak perbankan agar memberikan kredit lunak agar para peternak dapat lebih terbantu. Wagub menekankan bantuan terhadap indukan masih sangat diperlukan.

Di akhir sambutannya Bachtiar Basri kembali menjelaskan sesungguhnya potensi Lampung di bidang peternakan sangat besar, sama halnya di bidang pertanian sebagai penyumbang terbesar komoditi untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya.

Dalam acara ini juga diserahkan bantuan sapi dari Gubernur Lampung kepada Kelompok Budidaya Sapi PO, N2 cair, dan bantuan bagi kelompok pengolah pangan yang tersebar di seluruh wilayah Lampung. (JM)


Artikel Terkait

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lemba...

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangka...

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas J...

Menelisik Kiprah Ronny F. Sompie Dalam Perjalanan Karirnya

Rangkaian program siaran bincang pagi Heartline Coffee Morning kembali diadakan Radio Heartline, kemarin (04/07/17). Bertempat di Heart Studio, Gd. Heartline Center lantai 4, siaran langsung terseb...