Heartline Network

Wakil Gubernur Lampung Hadiri Panen Pedet IB Wujudkan Lampung Sebagai Lumbung Ternak Nasional

HeartlineFm, Bandar Lampung - Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri mewakili Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, menghadiri acara Panen Pedet Hasil Inseminasi Buatan mewujudkan Lampung sebagai lumbung ternak nasional yang dilangsungkan di Desa Wonodadi Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (15/11/2016). 

Selain di Lampung acara ini juga diadakan serentak se-Indonesia. Di Lampung dipusatkan di Wonodadi, dihadiri oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian RI I Ketut Diarmita MP, dan segenap jajaran Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan 

Dalam sambutannya Bachtiar Basri menyampaikan bahwa Lampung sesungguhnya sangat potensial untuk peternakan. Baik dirinya dan gubernur berharap kepada Menteri Pertanian melalui Dirjen PKH agar mendapat perhatian lebih dari pusat.

"Kita bukan ingin meminta lebih tetapi faktanya bahwa Provinsi Lampung ini merupakan penyumbang terbesar khususnya masalah daging baik untuk daerah Jawa Barat, DKI Jakarta, bahkan sampai Dumai Pekanbaru. Artinya Lampung strategis untuk dijadikan sentra ternak nasional." Jelas Bachtiar Basri.

Lebih lanjut, Bachtiar Basri menjelaskan bahwa Lampung telah dibagi dalam daerah-daerah pengembangan antara lain Kabupaten Lampung Selatan sebagai wilayah sumber bibit Sapi Peranakan Ongole (PO). Kemudian di Tanggamus sebagai daerah rumpun kambing saburai sebagai sumber daya genetik ternak Indonesia. Kabupaten Tulang Bawang sebagai wilayah kawasan ternak kerbau. Kemudian yang akan dikembangkan di Kabupaten Tulang Bawang dan Tulang Bawang Barat sebagai wilayah sumber bibit sapi bali dan sapi PO. Maka dari itu maka tepat bila Lampung dijadikan wilayah sentra ternak.

Selain itu Bachtiar berharap kepada pihak perbankan agar memberikan kredit lunak agar para peternak dapat lebih terbantu. Wagub menekankan bantuan terhadap indukan masih sangat diperlukan.

Di akhir sambutannya Bachtiar Basri kembali menjelaskan sesungguhnya potensi Lampung di bidang peternakan sangat besar, sama halnya di bidang pertanian sebagai penyumbang terbesar komoditi untuk wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan sekitarnya.

Dalam acara ini juga diserahkan bantuan sapi dari Gubernur Lampung kepada Kelompok Budidaya Sapi PO, N2 cair, dan bantuan bagi kelompok pengolah pangan yang tersebar di seluruh wilayah Lampung. (JM)


Artikel Terkait

Mengenal Sosok Presiden Wanita Pertama Singapura

Ada yang unik pada pemilihan presiden Singapura tahun ini. Pasalnya, Singapura tidak perlu repot-repot menggelar pemungutan suara tahun ini.

Halimah Yacob, sang mantan Ketua Parlemen Singap...

Menilik Konflik Kemanusiaan di Rakhine

Konflik kemanusiaan terhadap etnis Rohingnya di Rakhine, Myanmar, kembali terjadi dan menjadi sorotan dunia internasional. Berbagai lapisan masyarakat di berbagai negara turut prihatin akan kondisi...

Dunia Kecam Uji Coba Nuklir Korut

Korea Utara (Korut) yang terkenal sebagai negara komunis, telah mendapat banyak kecaman dari internasional. Pasalnya, Korut telah menggelar uji coba nuklir terbarunya pada Minggu (3/9) yang lalu. U...

Memperingati HUT RI Ke-72, Polda Banten Gelar Istighosah Kemerdekaan

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Polda Banten menggelar acara Istighosah Kemerdekaan pada hari Sabtu (26/06/17) lalu. Acara dimulai sekitar pukul 20.30 dan ...

Perang Terhadap Provokasi Isu SARA

Saracen merupakan kelompok yang kerap menyebarkan ujaran kebencian (hate speech) dengan topik  isu berbau suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Kelompok ini memiliki ribuan aku...