Heartline Network

Ketua PKK Yustin Ficardo Hadiri Pelaksanaan Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan di Mulya Sari Pesawaran

Heartlinefm, Bandar Lampung - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo bersama Tim Penilai dari TP PKK Provinsi Lampung, menghadiri acara pelaksanaan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan Penilaian Kegiatan PKK yang bertempat di Desa Mulya Sari, Kecamatan Way Ratai, Pesawaran, Senin (28/11/2016). 

Pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan bakti sosial TNI-KB-Kesehatan Terpadu sampai bulan Oktober. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan pada bulan Oktober sampai Desember. Berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 12 November 2016, Hari Kesatuan Gerak PKK yang sekarang ditetapkan menjadi tanggal 4 Maret serta Hari Keluarga tanggal 29 Juni.

Yustin Ficardo berharap, melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini dapat mendorong keberhasilan sosialisasi tentang penanggulangan kanker serviks/leher rahim, yang dapat terlihat dari banyaknya kaum perempuan yang mengetahui tentang kanker serviks dan cara penanggulangannya, serta peningkatan jumlah yang melakukan deteksi dini terutama melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual leher rahim dengan Asam asetat).

"Dengan dukungan keterpaduan lintas sektoral, kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di desa. Dengan para kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utama." Jelas Yustin Ficardo.

Penilaian Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2016 ini meliputi empat jenis kegiatan. Pelaksana Terbaik Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Pelaksana Terbaik Posyandu, Pelaksana Terbaik PHBS di Rumah Tangga, dan Pelaksana Terbaik LIngkungan Bersih dan Sehat. Penilaian dilakukan berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. 

"Alhamdulillah, pelaksanaan Hari Keluarga Nasional Tahun 2017 kita Provinsi Lampung mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah. Mari kita semua bergandengan tangan mempersiapkan diri agar dapat menjadi tuan rumah yang baik di ajang nasional tahun depan." Ajak Yustin Ficardo.

Pada pelaksanaan Kesrak PKK-KB-Kesehatan tahun 2015/2016, utusan Provinsi Lampung di tingkat nasional berhasil meraih prestasi antara lain; PAKARTI UTAMA I untuk Lingkungan Bersih dan Sehat/LBS (kategori kabupaten) Kabupaten Lampung Selatan. PAKARTI UTAMA II untuk Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan (kategori kabupaten) Kabupaten Pringsewu. Untuk Posyandu (kategori kabupaten) Kabupaten Tulang Bawang. PAKARTI UTAMA III untuk Posyandu (kategori kota) Kota Metro. PAKARTI MADYA II untuk Lingkungan Bersih & Sehat/LBS (kategori kota) Kota Bandar Lampung.

"Merupakan tantangan bagi kita untuk berhasil lebih baik pada evaluasi/lomba tingkat nasional tahun 2017. Terlebih Provinsi Lampung akan menjadi tempat penyelenggaraan peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Nasional Tahun 2017." Harap Yustin Ficardo.

Turut hadir di acara ini Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi, Istri Danlanal Lampung, Camat Way Ratai, Kepala Desa Mulya Sari.


Artikel Terkait

Mendapatkan Peluang Bisnis dari Segala Situasi

Sekarang ini semakin banyak bisnis startup baru yang bermunculan. Dari e-commerce hingga bisnis makanan kecil sekalipun, seperti cemilan. Pada kesempatan kali ini, program St...

The Heart of Fashion with Handy Hartono

Indonesia memiliki banyak kebudayaan, salah satunya adalah kekayaan akan kain tradisional yang berasal dari berbagai daerah Indonesia. Kain tradisional memiliki nilai seni yang tinggi. Saat ini kai...

Survei Pasar Sebagai Fondasi Berbisnis

Opini masyarakat merupakan suatu hal yang dapat membantu pebisnis dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Oleh sebab itu, sebelum memulai sebuah bisnis, sangat perlu untuk melakukan survei pasar t...

Impactful Coaching

Apakah belakangan ini Anda sering mendengar kata coach, yang digunakan untuk menyebut seorang pelatih? Namun,  apa yang sebenarnya dimaksud dengan istilah coaching? Bagaimana...

Ide Bisnis Yang Melawan Mainstream

Menciptakan sebuah bisnis perlu adanya sebuah produk atau jasa yang menjual dan memiliki value. Bisnis yang dibentuk dengan value pasti akan mampu bertahan dalam jangka wangku yan...