Heartline Network

Ketua PKK Yustin Ficardo Hadiri Pelaksanaan Lomba Kesrak PKK-KB-Kesehatan di Mulya Sari Pesawaran

Heartlinefm, Bandar Lampung - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo bersama Tim Penilai dari TP PKK Provinsi Lampung, menghadiri acara pelaksanaan Lomba Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan Penilaian Kegiatan PKK yang bertempat di Desa Mulya Sari, Kecamatan Way Ratai, Pesawaran, Senin (28/11/2016). 

Pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan kegiatan bakti sosial TNI-KB-Kesehatan Terpadu sampai bulan Oktober. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan pada bulan Oktober sampai Desember. Berkaitan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 12 November 2016, Hari Kesatuan Gerak PKK yang sekarang ditetapkan menjadi tanggal 4 Maret serta Hari Keluarga tanggal 29 Juni.

Yustin Ficardo berharap, melalui Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan ini dapat mendorong keberhasilan sosialisasi tentang penanggulangan kanker serviks/leher rahim, yang dapat terlihat dari banyaknya kaum perempuan yang mengetahui tentang kanker serviks dan cara penanggulangannya, serta peningkatan jumlah yang melakukan deteksi dini terutama melalui pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual leher rahim dengan Asam asetat).

"Dengan dukungan keterpaduan lintas sektoral, kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, akan bertumpu pada kegiatan-kegiatan kelompok swadaya masyarakat, PKK dan institusi KB-Kesehatan di desa. Dengan para kader sebagai ujung tombak serta keluarga sebagai sasaran utama." Jelas Yustin Ficardo.

Penilaian Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2016 ini meliputi empat jenis kegiatan. Pelaksana Terbaik Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, Pelaksana Terbaik Posyandu, Pelaksana Terbaik PHBS di Rumah Tangga, dan Pelaksana Terbaik LIngkungan Bersih dan Sehat. Penilaian dilakukan berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional. 

"Alhamdulillah, pelaksanaan Hari Keluarga Nasional Tahun 2017 kita Provinsi Lampung mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah. Mari kita semua bergandengan tangan mempersiapkan diri agar dapat menjadi tuan rumah yang baik di ajang nasional tahun depan." Ajak Yustin Ficardo.

Pada pelaksanaan Kesrak PKK-KB-Kesehatan tahun 2015/2016, utusan Provinsi Lampung di tingkat nasional berhasil meraih prestasi antara lain; PAKARTI UTAMA I untuk Lingkungan Bersih dan Sehat/LBS (kategori kabupaten) Kabupaten Lampung Selatan. PAKARTI UTAMA II untuk Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan (kategori kabupaten) Kabupaten Pringsewu. Untuk Posyandu (kategori kabupaten) Kabupaten Tulang Bawang. PAKARTI UTAMA III untuk Posyandu (kategori kota) Kota Metro. PAKARTI MADYA II untuk Lingkungan Bersih & Sehat/LBS (kategori kota) Kota Bandar Lampung.

"Merupakan tantangan bagi kita untuk berhasil lebih baik pada evaluasi/lomba tingkat nasional tahun 2017. Terlebih Provinsi Lampung akan menjadi tempat penyelenggaraan peringatan Hari Keluarga Nasional Tingkat Nasional Tahun 2017." Harap Yustin Ficardo.

Turut hadir di acara ini Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi, Istri Danlanal Lampung, Camat Way Ratai, Kepala Desa Mulya Sari.


Artikel Terkait

Polri: 11 WNI Masuk ke Marawi Filipina untuk Dakwah

Markas Besar Polri mengaku telah mengidentifikasi 11 warga negara Indonesia (WNI) yang masuk ke Kota Marawi di Pulau Mindanao, Filipina. Mereka menyeberang ke Filipina melalui jalur legal dan bertu...

ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Bom Kampung Melayu

Kelompok teror ISIS mengaku bertanggung jawab atas kejadian bom Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang terjadi pada Rabu (24/5) malam.

“Pelaksana dari serangan terhadap polisi I...

Nicky Hayden Wafat Setelah Lima Hari Dirawat Pasca Kecelakaan

Mantan juara dunia MotoGP, Nicky Hayden tak dapat diselamatkan lagi nyawanya pasca tertabrak mobil saat bersepeda lima hari lalu di pesisir Italia.

Seperti dilansir dari BBC Sport<...

Konsernya Dibom, Ariana Grande Akhirnya Buka Suara

Konser Ariana Grande menorehkan luka yang mendalam dalam salah satu sejarah musik. Bagaimana tidak, konser pertamanya di Eropa diwarnai dengan aksi ledakan yang diduga terorisme dan bunuh diri...

Jokowi Harap Umat Islam Tak Anggap Amerika sebagai Musuh

Presiden Joko Widodo memberikan pesan khusus kepada umat Islam di dunia saat konferensi "Arab Islamic American Summit”. Dia berharap konferensi yang mempertemukan pimpinan negar...