Heartline Network

Ada Apa Dengan Cinta?

Bertepatan dengan momen hari kasih sayang atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan valentine’s day, Heartline Radio Tangerang kembali mengadakan program siaran Heartline Coffee Morning bertajuk, Ada Apa Dengan Cinta?

Siaran bincang pagi ini diadakan pada hari Selasa (14/02/17) pukul 08.00-09.30 WIB. Menghadirkan narasumber yang kompeten dibidangnya, yaitu: Runner Up Miss Indonesia 2014 Ellen Aragay, Stephany Iriana (Psikolog, PhD Student at Rijk Universiteit), dan PM. Susbandono (Senior Advisor BOD Star Energy, Ltd, Former VP HR Medco). Acara ini dipandu oleh penyiar senior Radio Heartline Tangerang Jose Marwan dan Riama Silitonga.

Topik tentang cinta sudah pasti selalu menarik untuk diperbincangkan, karena merupakan bahasa universal yang mudah dipahami oleh semua orang dan tak lekang oleh waktu. Alasan ini pula yang mendasari penelitian studi yang dilakukan oleh Stephany. Sebelum melakukan penelitian studinya, ternyata Ia menjumpai realita observasi yang menegaskan bahwa, banyak manusia yang mengalami gangguan kejiwaan yang disebabkan karena cinta.

Stephany mengungkapkan pesan dalam momen hari kasih sayang ini, “Don’t fall in love, but grow in love!”. Beliau menjelaskan, apabila seseorang bertumbuh dalam proses mencintai, maka seseorang akan menjadi pribadi yang lebih baik. Menanggapi jawaban dari Stephany, Soesbandono menerangkan bahwa, “Cinta itu pada umumnya menghasilkan hal yang menggairahkan, yaitu hal yang menyenangkan.”.

Dalam dunia pekerjaan, manusia juga memerlukan cinta. Ada dua tips yang dibagikan oleh Soebandono agar dapat berbahagia dengan pekerjaan Anda. Pertama, Anda harus mencintai pekerjaan tersebut. Sehingga ketika Anda belajar mencintai pekerjaan tersebut, Anda dapat menjadi bahagia, dan kebahagiaan tersebut akan mendorong Anda dalam mencapai target pekerjaan. Tips yang kedua dari Beliau adalah, apabila Anda gagal mencintai pekerjaan Anda, maka ada dua pilihan, yaitu: berhenti dari pekerjaan lama dan mencari pekerjaan baru, atau tetap bertahan dengan pekerjaan Anda yang sekarang, yang akan terus membuat Anda tidak berbahagia dan tidak maksimal dalam bekerja.

Dalam pembahasan diatas, tidak jarang juga dapat kita jumpai orang yang tidak mencintai pekerjaannya, namun mampu menjabat pada posisi top level. Baik Stephany dan Sosbandono sama-sama menyetujui adanya fenomena tersebut, namun keduanya juga kompak menjawab bahwa orang tersebut nantinya akan jujur pada perasaannya sendiri dan akan mundur dari posisinya.

Untuk dapat mencintai seseorang, tentunya dibutuhkan ketulusan. Seperti yang diungkapkan oleh Soesbandono,”Tidak perduli apapun profesi dan jabatan Anda, semuanya tidak ada artinya, bila Anda tidak memiliki cinta!”. Berbeda dengan Ellen yang mengatakan bahwa, “Kita tidak dapat mencintai orang lain, bila tidak bisa menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan”.

Dalam dunia kerja, Soesbandono yang berpengalaman di bidang Human Resources mencontohkan bahwa, “Divisi Human Resources sendiri harus terlebih dahulu mencintai pekerjaan mereka, sehingga dapat mendevelop para pekerja untuk dapat lebih mencintai pekerjaan mereka!”. Hal ini juga diamini oleh Stephany yang menyatakan bahwa dalam segala aspek kehidupan, manusia harus dapat mencintai dan menerima dirinya sendiri terlebih dahulu, sehingga dapat mencintai orang lain dengan tulus.

Pada akhir siaran obrolan pagi edisi khusus valentine’s day ini, Sosbandono menyarankan agar manusia saling mengasihi, bukan hanya dimomen hari kasih sayang ini. Ia mengingatkan manusia tetap memegang Firman Tuhan yang mengajarkan bahwa, “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri”.

Acara yang disiarkan langsung dari Heart Studio, Gedung Heartline Center Lantai 4 ini, terasa hidup oleh berbagai pertanyaan yang dikirimkan oleh para Heartlistener (sebutan untuk pendengar setia Radio Heartline). Tak lupa persembahan beberapa lagu spesial dari grup musik Papinka, yang setia menghibur siaran obrolan pagi di hari kasih sayang ini. (IL)

 

 


Artikel Terkait

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak menge...

Ironi Kelangkaan Garam Nasional

Terjadi kelangkaan pasokan garam di sejumlah pelosok tanah air. Salah satu penyebabnya dinilai karena anomali cuaca yang buruk akibat tingginya curah hujan, padahal seharusnya Indonesia sudah masuk...

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit men...

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...