Heartline Network

A New Era of Innovation

Agar segala sesuatunya bergerak dinamis, diperlukan inovasi. Apalagi di tengah kemajuan jaman dan persaingan pasar bebas (free market) tentunya. Konsumen mulai bosan dengan maraknya produk dan jasa yang serupa di pasar, pelaku bisnis mulai lesu dengan kompetitor yang beragam, serta tantangan pasar bebas sendiri yang menjadi masalah pelaku bisnis. Produk, jasa, dan perusahaan wajib berinovasi!

Menyoroti paradigma ini, Radio Heartline Tangerang kembali mengadakan talkshow Heartline Coffee Morning pagi tadi, edisi Selasa (28/02/17). Program bincang pagi yang dipandu oleh penyiar senior Radio Heartline Jose Marwan dan Riama Silitonga ini mengangkat tema A New Era of Innovation. Turut mengundang berbagai narasumber yang ahli dibidangnya, diantaranya Andy K Natanael (Vice President Director at PT Sentul City Tbk), Ps. Roy Huwae (Your Work Your Ministry), AM. Lilik Agung (Leadership Trainer at LA Learning), dan Djoko Kurniawan (Founder Service Academy).

Bincang pagi ini dibuka oleh gambaran dari Lilik, yang berusaha menggambarkan perubahan dari era-era yang bergerak secara dinamis. Ia menceritakan jika pada era terdahulu, perusahaan dapat memenangkan pasar, hanya dengan sebatas penilaian dapat memproduksi barang atau jasa paling banyak saja. Setelah era itu, masuk pada satu era yang menuntut kualitas produk yang baik untuk dapat memenangkan pasar, ujarnya. Namun di era ini, atau lebih dikenal dengan era inovasi, Lilik menegaskan bahwa produk dapat memenangkan pasar, hanya apabila produk tersebut dapat diproduksi paling banyak, juga menawarkan kualitas produk yang baik, serta harus dapat menawarkan inovasi yang berbeda.

Selaras dengan itu, Roy menegaskan bahwa, “Inovasi tidak hanya harus menarik saja. Inovasi harus penting dan dibutuhkan oleh orang lain!”. Ia mencontohkan bagaimana pada jaman ini, banyak produk yang berusaha berinovasi, dengan menjadi produk yang ramah lingkungan.

Selanjutnya, Lilik menegaskan bahwa, “Tidak mungkin ada inovasi tanpa kreativitas, dan tidak ada kreativitas tanpa ide”. Lilik berusaha menjelaskan bahwa untuk berinovasi, kita perlu kreativitas yang terbentuk dari kumpulan ide dan imajinasi, yang disertai batasan berupa moral dan etika.

Inovasi juga sangat diperlukan di tempat kerja. Roy menuturkan bahwa, “Ada 2 hambatan dalam melakukan inovasi, yaitu kemalasan dan penolakan”. Ia menjelaskan perlunya kita berusaha untuk bergerak dinamis dengan melakukan inovasi dan berpikiran terbuka, agar dapat mebuat diri lebih berkembang maju.

Di sisi lain, Djoko menekankan bahwa sebuah bisnis dapat dikatakan maju, apabila terdapat kreativitas. Ia menuturkan, “Inovasi itu tentang bagaimana menciptakan produk yang semula tidak ada dan tidak pernah terpikirkan orang, menjadi ada!”. Tambahnya, untuk dapat menciptakan produk yang inovatif, diperlukan metode SAMPER (Adaptation, Modification, Put in another use, Elimination & Reverse).

Jika ditilik dari sisi keagamaan pun, Roy menegaskan, “Manusia tidak dilarang berinovasi, asalkan tidak melanggar perintah Tuhan!”. Ia berpendapat dalam berinovasi, diperlukan batasan-batasan yang jelas, agar tidak kebablasan.

Sebagai penutup perbincangan, Djoko menyatakan bahwa, “Perusahaan yang berinovasi, pasti punya divisi-divisi yang saling berkolaborasi!”. Karena inovasi adalah salah satu solusi untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan dalam jangka panjang. Untuk itu diperlukan model bisnis yang kompeten agar sebuah perusahaan dapat berinovasi, dan semua itu harus dimulai dari sumber daya manusia yang terlatih, ujarnya.

Program acara bincang pagi ini terasa penuh semangat, dengan kehadiran grup musik Netral. Band beranggotakan 3 personil ini menyuguhkan beberapa lagu yang apik, sepanjang talk show berlangsung.(IL)

 

 


Artikel Terkait

Peran Pendidikan Dalam Dunia Startup

Banyak orang berkata bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Seseorang mampu bangkit kembali dari kegagalan jika ia sudah dilatih agar tahan banting. Dalam hal ini, pendidikan menjala...

Tidak Registrasi Nomor Pelanggan Sesuai Dengan NIK, Bersiaplah Diblokir!

Mulai tanggal 31 Oktober 2017, pelanggan jasa komunikasi Indonesia wajib meregistrasikan nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Ketetapan ini telah diatur dalam Pera...

Bekerja dengan Hati

Sering kali terlihat orang yang bekerja tidak sesuai dengan kecintaannya pada bidang tersebut. Atau, bahkan itu yang Anda rasakan sendiri? Padahal bekerja sesuai kecintaan dan passion...

Masalah Bisa Menghasilkan Uang

Siapa yang akan mengira jika sebuah masalah mampu menjadi peluang untuk menghasilkan uang? Dalam dunia startup, masalah merupakan asal mula sebuah bisnis terbentuk. Solusi dari masalah yan...

Para Penulis Cinta

Novel salah satu karya sastra yang menarik banyak perhatian masyarakat. Khususnya, novel yang bergenre romantic atau love story, yang dinilai sangat menarik bagi...