Heartline Network

JANGAN PANIK! Ini Cara Ampuh Lepaskan Diri Dari Lilitan Ular Piton

Pasca tragedi yang terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat, ular piton jenis Malayopython reticulates memang jadi bahan perbincangan masyarakat. Pasalnya ditemukan ular dengan jenis ini sedang merayap dengan kondisi perut yang tidak lazim membesar. Luar biasa! Setelah masyarakat sekitar, membelah perut ular tersebut, ditemukan seorang manusia dewasa yang sudah tewas dimangsa. Ular piton ini, lebih dikenal dengan nama ular sanca. Ular ini memang menyerang dengan cara membelit mangsanya.

Meskipun demikian, tetap ada cara untuk menyelamatkan diri dari lilitan ular ini. Tim rescue dan edukasi komunitas pecinta reptil Aspera, Arbi Krishna mengatakan bahwa, kekuatan lilitan akan bergantung pada ukuran ular tersebut.

Kondisi paling aman untuk membuka lilitannya, yakni dari ekor ular. Terus ketika digigit atau dililit, ada tangan yang masih bebas atau lepas, langsung tusuk di bagian hidungnya dengan benda tajam, bisa batang, lidi atau benda tajam lain. Karena ular ini sensitif di bagian muka,” jelasnya.

Arbi mengatakan bahwa ular yang melilitkan diri, bukan untuk meremukkan, melainkan untuk mematikan. Ketika mangsa sudah dalam keadaan tidak bernyawa, barulah ular akan menelan mangsanya.

"Lilitan ular itu bukan untuk meremukkan, tetapi untuk menghentikan saluran pernapasan. Nah, kekuatan lilitannya ini tergantung dari ularnya," ujar Arbi.

Kondisi terlilit ular, tentu saja tidak pernah diinginkan oleh siapapun. Oleh sebab itu, manusia wajib waspada ketika bertemu ular. Usahakan agar tetap tenang, dan jangan membuat tindakan gegabah.

Intinya, jangan ganggu satwa liar. Kalau tidak mengerti, jangan sok ngerti. Piton tidak berbisa, tapi dia masuk dalam kategori satwa berbahaya. Bila bertemu, antisipasi, waspada, dan jangan bunuh ular," tanda Arbi.

 

(Source: detik.com)

 


Artikel Terkait

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak menge...

Ironi Kelangkaan Garam Nasional

Terjadi kelangkaan pasokan garam di sejumlah pelosok tanah air. Salah satu penyebabnya dinilai karena anomali cuaca yang buruk akibat tingginya curah hujan, padahal seharusnya Indonesia sudah masuk...

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit men...

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...