Heartline Network

JANGAN PANIK! Ini Cara Ampuh Lepaskan Diri Dari Lilitan Ular Piton

Pasca tragedi yang terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat, ular piton jenis Malayopython reticulates memang jadi bahan perbincangan masyarakat. Pasalnya ditemukan ular dengan jenis ini sedang merayap dengan kondisi perut yang tidak lazim membesar. Luar biasa! Setelah masyarakat sekitar, membelah perut ular tersebut, ditemukan seorang manusia dewasa yang sudah tewas dimangsa. Ular piton ini, lebih dikenal dengan nama ular sanca. Ular ini memang menyerang dengan cara membelit mangsanya.

Meskipun demikian, tetap ada cara untuk menyelamatkan diri dari lilitan ular ini. Tim rescue dan edukasi komunitas pecinta reptil Aspera, Arbi Krishna mengatakan bahwa, kekuatan lilitan akan bergantung pada ukuran ular tersebut.

Kondisi paling aman untuk membuka lilitannya, yakni dari ekor ular. Terus ketika digigit atau dililit, ada tangan yang masih bebas atau lepas, langsung tusuk di bagian hidungnya dengan benda tajam, bisa batang, lidi atau benda tajam lain. Karena ular ini sensitif di bagian muka,” jelasnya.

Arbi mengatakan bahwa ular yang melilitkan diri, bukan untuk meremukkan, melainkan untuk mematikan. Ketika mangsa sudah dalam keadaan tidak bernyawa, barulah ular akan menelan mangsanya.

"Lilitan ular itu bukan untuk meremukkan, tetapi untuk menghentikan saluran pernapasan. Nah, kekuatan lilitannya ini tergantung dari ularnya," ujar Arbi.

Kondisi terlilit ular, tentu saja tidak pernah diinginkan oleh siapapun. Oleh sebab itu, manusia wajib waspada ketika bertemu ular. Usahakan agar tetap tenang, dan jangan membuat tindakan gegabah.

Intinya, jangan ganggu satwa liar. Kalau tidak mengerti, jangan sok ngerti. Piton tidak berbisa, tapi dia masuk dalam kategori satwa berbahaya. Bila bertemu, antisipasi, waspada, dan jangan bunuh ular," tanda Arbi.

 

(Source: detik.com)

 


Artikel Terkait

Ada 2,3 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Puncak arus mudik untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438H sudah dimulai sejak tadi malam, Kamis (23/6). Data di Kementerian Perhubungan mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek per...

Kemenkes Siagakan Ambulans 24 Jam di Jalur Mudik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan fasilitas layanan kesehatan di sejumlah titik jalur mudik selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

Fasilitas layanan kesehatan itu di...

Kesalehan Sosial

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, bangsa yang terbentuk dari segala keberagaman warga negaranya. Lalu apakah dengan segala keanekaragaman ini, justru menghilangkan keunikan Indonesia itu...

Belasan WNI Terjebak Konflik Marawi Dipulangkan Besok

Kementerian Luar Negeri menyatakan Konsulat Jenderal RI di Kota Davao, Filipina, akan memulangkan 17 warga Indonesia yang sempat terjebak konflik di Marawi, besok.

Konflik yang melibat...

Presiden Teken Pembentukan Badan Pemantapan Pancasila

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan, pembentukan lembaga atau badan pemantapan Pancasila yang sempat digagas pada awal tahun ini sudah ditandatangani Presiden...