Heartline Network

Bencana Longsor di Ponorogo, Pemda Tetapkan 14 Hari Status Tanggap Darurat

Peristiwa bencana longsor yang terjadi di Ponorogo, Jawa Timur, pada hari Sabtu (01/04/17) lalu mengakibatkan 2 orang korban tewas, 1 orang luka berat, 19 orang luka ringan, dan sedikitnya 26 orang masih dalam pencarian.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menerjunkan 1.655 personil tim SAR gabungan dalam mencari korban di lokasi bencana. Personel gabungan tersebut, terdiri dari aparat kepolisian hingga Badan SAR Nasional (BASARNAS).

"TNI 200 personel, Polri 160 personel, BPBD 200 personel, Basarnas 45 personel, Tagana 100 personel, SKPD Ponorogo 600 personel dan Relawan 350 personel," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat jumpa pers di Gedung BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Minggu (2/4/2017).

Beliau mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan sejumlah alat berat dan peralatan lainnya untuk mencari korban di lokasi diantaranya, mobil dapur umum, ambulans, tenda, ekskavator, genset dan truk tangki.

Tujuh alat berat sudah di lokasi, kebutuhan mendesak peralatan evakuasi perorangan seperti sekop, jas hujan, sepatu karet dan lainnya. Selain itu, pemakanan dan air bersih juga dibutuhkan di lokasi," ujarnya.

Sutopo juga menjelaskan kendala yang dihadapi timnya saat ini diantaranya, “Tidak ada sinyal HP dan radio. Banyak kendaraan dan orang menuju ingin melihat lokasi, jadi macet".

Sementara itu, ditemui di kesempatan yang berbeda, Pemda Ponorogo pun telah menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari pada bencana longsor di Ponorogo ini.

“Jadi selama dua minggu ini kita melakukan upaya secara maksimal untuk tanggap daruratnya," jelas kepala BNPB, Willem Rampangilei, saat menyerahkan bantuan dana siap pakai untuk penanganan darurat bencana tanah longsor di Desa Banaran, Ponorogo, Minggu (2/4/2017) lalu.

 

(Sumber : detik.com)

(Sumber Foto: BNPB)

 

 


Artikel Terkait

Ada 2,3 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Puncak arus mudik untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438H sudah dimulai sejak tadi malam, Kamis (23/6). Data di Kementerian Perhubungan mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek per...

Kemenkes Siagakan Ambulans 24 Jam di Jalur Mudik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan fasilitas layanan kesehatan di sejumlah titik jalur mudik selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

Fasilitas layanan kesehatan itu di...

Kesalehan Sosial

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, bangsa yang terbentuk dari segala keberagaman warga negaranya. Lalu apakah dengan segala keanekaragaman ini, justru menghilangkan keunikan Indonesia itu...

Belasan WNI Terjebak Konflik Marawi Dipulangkan Besok

Kementerian Luar Negeri menyatakan Konsulat Jenderal RI di Kota Davao, Filipina, akan memulangkan 17 warga Indonesia yang sempat terjebak konflik di Marawi, besok.

Konflik yang melibat...

Presiden Teken Pembentukan Badan Pemantapan Pancasila

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan, pembentukan lembaga atau badan pemantapan Pancasila yang sempat digagas pada awal tahun ini sudah ditandatangani Presiden...