Heartline Network

Bencana Longsor di Ponorogo, Pemda Tetapkan 14 Hari Status Tanggap Darurat

Peristiwa bencana longsor yang terjadi di Ponorogo, Jawa Timur, pada hari Sabtu (01/04/17) lalu mengakibatkan 2 orang korban tewas, 1 orang luka berat, 19 orang luka ringan, dan sedikitnya 26 orang masih dalam pencarian.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menerjunkan 1.655 personil tim SAR gabungan dalam mencari korban di lokasi bencana. Personel gabungan tersebut, terdiri dari aparat kepolisian hingga Badan SAR Nasional (BASARNAS).

"TNI 200 personel, Polri 160 personel, BPBD 200 personel, Basarnas 45 personel, Tagana 100 personel, SKPD Ponorogo 600 personel dan Relawan 350 personel," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho saat jumpa pers di Gedung BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Minggu (2/4/2017).

Beliau mengatakan bahwa pihaknya telah mengerahkan sejumlah alat berat dan peralatan lainnya untuk mencari korban di lokasi diantaranya, mobil dapur umum, ambulans, tenda, ekskavator, genset dan truk tangki.

Tujuh alat berat sudah di lokasi, kebutuhan mendesak peralatan evakuasi perorangan seperti sekop, jas hujan, sepatu karet dan lainnya. Selain itu, pemakanan dan air bersih juga dibutuhkan di lokasi," ujarnya.

Sutopo juga menjelaskan kendala yang dihadapi timnya saat ini diantaranya, “Tidak ada sinyal HP dan radio. Banyak kendaraan dan orang menuju ingin melihat lokasi, jadi macet".

Sementara itu, ditemui di kesempatan yang berbeda, Pemda Ponorogo pun telah menetapkan status tanggap darurat selama 14 hari pada bencana longsor di Ponorogo ini.

“Jadi selama dua minggu ini kita melakukan upaya secara maksimal untuk tanggap daruratnya," jelas kepala BNPB, Willem Rampangilei, saat menyerahkan bantuan dana siap pakai untuk penanganan darurat bencana tanah longsor di Desa Banaran, Ponorogo, Minggu (2/4/2017) lalu.

 

(Sumber : detik.com)

(Sumber Foto: BNPB)

 

 


Artikel Terkait

Peran Pendidikan Dalam Dunia Startup

Banyak orang berkata bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Seseorang mampu bangkit kembali dari kegagalan jika ia sudah dilatih agar tahan banting. Dalam hal ini, pendidikan menjala...

Tidak Registrasi Nomor Pelanggan Sesuai Dengan NIK, Bersiaplah Diblokir!

Mulai tanggal 31 Oktober 2017, pelanggan jasa komunikasi Indonesia wajib meregistrasikan nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Ketetapan ini telah diatur dalam Pera...

Bekerja dengan Hati

Sering kali terlihat orang yang bekerja tidak sesuai dengan kecintaannya pada bidang tersebut. Atau, bahkan itu yang Anda rasakan sendiri? Padahal bekerja sesuai kecintaan dan passion...

Masalah Bisa Menghasilkan Uang

Siapa yang akan mengira jika sebuah masalah mampu menjadi peluang untuk menghasilkan uang? Dalam dunia startup, masalah merupakan asal mula sebuah bisnis terbentuk. Solusi dari masalah yan...

Para Penulis Cinta

Novel salah satu karya sastra yang menarik banyak perhatian masyarakat. Khususnya, novel yang bergenre romantic atau love story, yang dinilai sangat menarik bagi...