Heartline Network

Taiwan Resmi Larang Sembelih Anjing Dan Kucing

Parlemen pemerintahan Taiwan secara resmi telah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) yang menyatakan larangan penyembelihan kucing dan anjing untuk dikonsumsi manusia.

Dilansir dari laman liputan6.com pada Kamis (13/04/17), larangan untuk menarik hewan peliharaan dengan kendaraan seperti mobil atau sepeda motor, juga tercantum dalam RUU ini. Pasalnya akhir-akhir ini kian banyak video yang secara viral hadir di media sosial, yang mempertunjukkan penyiksaan terhadap hewan peliharaan dengan cara ditarik dibagian belakang kendaraan.

Tidak pandang bulu, siapapun yang tertangkap melanggar peraturan tersebut, akan dihukum dengan denda atau kurungan penjara. Sebagai sanksi sosial, nantinya nama dan foto pelaku juga akan dipublikasikan.

RUU tersebut diramu demi meningkatkan hukum perlindungan hewan di Taiwan. Langkah terhadap perlindungan hewan, seperti yang dilakukan Taiwan ini,  merupakan yang pertama kali di Asia.

Sebelumnya, Taiwan pernah mengesahkan UU yang melarang penjualan daging dan bulu hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, demi motif ekonomi.

Masyarakat Taiwan memang pernah dinilai secara rutin mengkonsumsi daging anjing. Namun, seiring berjalannya waktu, anjing telah dianggap sebagai anggota keluarga sendiri.

Anggapan tersebut, semakin diperkuat oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang tiga tahun lalu dikabarkan telah mengadopsi 3 ekor anjing. Presiden wanita pertama di Taiwan tersebut sebelumnya telah memelihara 2 ekor kucing, yang diberi nama Cookie dan A-Tsai.

Ternyata langkah yang di ambil oleh Presiden Tsai Ing-wen tersebut, cukup menarik perhatian. Sehingga membuat hewan-hewan peliharaan tersebut dijuluki keluarga baru orang nomor satu di Taiwan.

(Sumber: liputan6.com)

 


Artikel Terkait

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak menge...

Ironi Kelangkaan Garam Nasional

Terjadi kelangkaan pasokan garam di sejumlah pelosok tanah air. Salah satu penyebabnya dinilai karena anomali cuaca yang buruk akibat tingginya curah hujan, padahal seharusnya Indonesia sudah masuk...

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit men...

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...