Heartline Network

Taiwan Resmi Larang Sembelih Anjing Dan Kucing

Parlemen pemerintahan Taiwan secara resmi telah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) yang menyatakan larangan penyembelihan kucing dan anjing untuk dikonsumsi manusia.

Dilansir dari laman liputan6.com pada Kamis (13/04/17), larangan untuk menarik hewan peliharaan dengan kendaraan seperti mobil atau sepeda motor, juga tercantum dalam RUU ini. Pasalnya akhir-akhir ini kian banyak video yang secara viral hadir di media sosial, yang mempertunjukkan penyiksaan terhadap hewan peliharaan dengan cara ditarik dibagian belakang kendaraan.

Tidak pandang bulu, siapapun yang tertangkap melanggar peraturan tersebut, akan dihukum dengan denda atau kurungan penjara. Sebagai sanksi sosial, nantinya nama dan foto pelaku juga akan dipublikasikan.

RUU tersebut diramu demi meningkatkan hukum perlindungan hewan di Taiwan. Langkah terhadap perlindungan hewan, seperti yang dilakukan Taiwan ini,  merupakan yang pertama kali di Asia.

Sebelumnya, Taiwan pernah mengesahkan UU yang melarang penjualan daging dan bulu hewan peliharaan seperti kucing dan anjing, demi motif ekonomi.

Masyarakat Taiwan memang pernah dinilai secara rutin mengkonsumsi daging anjing. Namun, seiring berjalannya waktu, anjing telah dianggap sebagai anggota keluarga sendiri.

Anggapan tersebut, semakin diperkuat oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang tiga tahun lalu dikabarkan telah mengadopsi 3 ekor anjing. Presiden wanita pertama di Taiwan tersebut sebelumnya telah memelihara 2 ekor kucing, yang diberi nama Cookie dan A-Tsai.

Ternyata langkah yang di ambil oleh Presiden Tsai Ing-wen tersebut, cukup menarik perhatian. Sehingga membuat hewan-hewan peliharaan tersebut dijuluki keluarga baru orang nomor satu di Taiwan.

(Sumber: liputan6.com)

 


Artikel Terkait

Ada 2,3 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Puncak arus mudik untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438H sudah dimulai sejak tadi malam, Kamis (23/6). Data di Kementerian Perhubungan mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek per...

Kemenkes Siagakan Ambulans 24 Jam di Jalur Mudik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan fasilitas layanan kesehatan di sejumlah titik jalur mudik selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

Fasilitas layanan kesehatan itu di...

Kesalehan Sosial

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, bangsa yang terbentuk dari segala keberagaman warga negaranya. Lalu apakah dengan segala keanekaragaman ini, justru menghilangkan keunikan Indonesia itu...

Belasan WNI Terjebak Konflik Marawi Dipulangkan Besok

Kementerian Luar Negeri menyatakan Konsulat Jenderal RI di Kota Davao, Filipina, akan memulangkan 17 warga Indonesia yang sempat terjebak konflik di Marawi, besok.

Konflik yang melibat...

Presiden Teken Pembentukan Badan Pemantapan Pancasila

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan, pembentukan lembaga atau badan pemantapan Pancasila yang sempat digagas pada awal tahun ini sudah ditandatangani Presiden...