Heartline Network

Mendagri: Pemilihan Suara Pilkada DKI Akan Berlangsung Aman

Masyarakat ibu kota bersiap menyambut pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta dengan periode masa jabatan 2017-2022, pada lusa, Rabu (19/04/17). Kandidat calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang akan bertanding adalah pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) – Djarot Saiful Hidayat, dan pasangan Anies Baswedan – Sandiaga Uno.

Menghadapi 2 hari jelang pemilihan suara Pilkada DKI Jakarta putaran kedua ini, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yakin akan berlangsung aman, berkat dukungan aparat dan elemen masyarakat serta tokoh agama dan politik.

"Aparat keamanan, khususnya kepolisian didukung TNI, elemen masyarakat, tokoh agama dan politik, akan mengamankan pilkada. Saya yakin semua pihak punya komitmen sama mewujudkan pelaksanaan pilkada di DKI dengan demokratis, aman, dan tertib," kata Tjahjo di Jakarta, Senin (17/4/2017).

Tjahjo menekankan bahwa, tujuan utama dalam  memilih kepala daerah dan wakilnya untuk periode 5 tahun kedepan adalah untuk membangun daerah, meningkatkan kesejahteraan rakyat, serta menjadikan DKI Jakarta sebagai ibu kota negara yang modern, berbudaya, beriman, dan berbineka.

Beliau mengatakan, pilkada akan sukses jika tingkat partisipasi masyarakat pemilih DKI Jakarta secara maksimal tercapai.

Lebih lanjut Tjahjo mengatakan bahwa, KPU dan elemen masyarakat demokrasi serta Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta sudah maksimal memfasilitasi masyarakat untuk memilih.

"Dinamika begitu sangat dinamis menjelang hari-H pilkada, wajar karena pilkada merupakan barometer politik nasional menjelang Pilpres 2019. Tapi, jangan hanya karena pilkada hubungan kekerabatan masyarakat Indonesia, khususnya di DKI terpecah," ucapnya.

Sebagai penutup perbincangan, Tjahjo menghimbau agar seluruh pemilih datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada hari yang telah ditentukan, dengan membangun kebersamaan dan memilih sesuai dengan hati nurani.

 

(Sumber: liputan6.com)

 


Artikel Terkait

Ada 2,3 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Puncak arus mudik untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438H sudah dimulai sejak tadi malam, Kamis (23/6). Data di Kementerian Perhubungan mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek per...

Kemenkes Siagakan Ambulans 24 Jam di Jalur Mudik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan fasilitas layanan kesehatan di sejumlah titik jalur mudik selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

Fasilitas layanan kesehatan itu di...

Kesalehan Sosial

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, bangsa yang terbentuk dari segala keberagaman warga negaranya. Lalu apakah dengan segala keanekaragaman ini, justru menghilangkan keunikan Indonesia itu...

Belasan WNI Terjebak Konflik Marawi Dipulangkan Besok

Kementerian Luar Negeri menyatakan Konsulat Jenderal RI di Kota Davao, Filipina, akan memulangkan 17 warga Indonesia yang sempat terjebak konflik di Marawi, besok.

Konflik yang melibat...

Presiden Teken Pembentukan Badan Pemantapan Pancasila

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan, pembentukan lembaga atau badan pemantapan Pancasila yang sempat digagas pada awal tahun ini sudah ditandatangani Presiden...