Heartline Network

Ketika Bayar Tol Tak Lagi Tunai, Kemana Perginya Petugas Tol?

Untuk Anda pengendara kendaraan roda empat, yang sering melewati jalan bebas hambatan atau yang dikenal dengan jalan tol, bersiaplah! Pasalnya, mulai Oktober 2017 mendatang, pembayaran tol tidak lagi melayani transaksi tunai. Semua pembayaran harus menggunakan uang elektronik.

Jika tidak ada lagi opsi pembayaran tunai, lantas kemana perginya petugas tol yang selama ini melayani? Herry Trisaputra Zuna selaku Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), memastikan bahwa sehubungan dengan hal ini, tidak akan ada pemutusan hubungan kerja (PHK) bagi karyawannya. Beliau mengatakan, meski nantinya akan ada pengurangan petugas di gerbang tol, petugas lainnya akan mendapatkan tugas baru dalam upaya pengoptimalan pelayanan jalan tol.

"Untuk penggantian ke non tunai itu tidak ada PHK. Nanti urusan tenaga kerjanya diatur oleh BUJT-nya, bagaimana mekanisme pengalihan. Dengan uang elektronik tadi, bukan berarti tidak ada orang di gerbang yang melayani. Tetap ada orang yang akan melayani, tapi memang jumlahnya berkurang," ujar Herry.

Lebih lanjut Herry menjelaskan, Kementerian PUPR sebagai regulator juga telah mengarahkan kepada setiap Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) agar membuat perencanaan sumber daya manusia (SDM), sehingga kelak petugas mendapatkan penugasan baru yang lebih baik.

“Jadi nanti masih ada orang di situ (gerbang tol) untuk bantu transaksinya, bantu nempel, ngecek dan lainnya. Tapi bukan untuk mengembalikan uang kembalian. Jadi tugasnya untuk membantu kelancaran transaksi di sana," lengkapnya.

“Yang lain akan dioptimumkan di bisnis jalan tol. Operasi kan tidak hanya di gerbang. Ada juga di ruas jalan, kapan ada respond time, kejadian 30 menit harus ada di lokasi, pelayanan yang belum tersentuh jadi bisa lebih tingkatkan pelayanannya. Jadi tidak serta merta akan di-PHK. Jadi lebih baik pelayanannya, karena kita enggak hanya fokus di gardu," ungkapnya.

Tidak dapat dipungkiri, kemacetan yang biasa terjadi pada gerbang tol disebabkan oleh pembayaran yang masih menggunakan opsi tunai. Hal inilah, yang menyebabkan pemerintah menggalakkan kebijakan transaksi non tunai di seluruh gerbang tol. Tidak perlu khawatir, kelak seluruh kartu dari bank manapun akan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran pada gerbang tol yang ada.

(Sumber: detik.com)


Artikel Terkait

Ada 2,3 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Puncak arus mudik untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438H sudah dimulai sejak tadi malam, Kamis (23/6). Data di Kementerian Perhubungan mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek per...

Kemenkes Siagakan Ambulans 24 Jam di Jalur Mudik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan fasilitas layanan kesehatan di sejumlah titik jalur mudik selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

Fasilitas layanan kesehatan itu di...

Kesalehan Sosial

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, bangsa yang terbentuk dari segala keberagaman warga negaranya. Lalu apakah dengan segala keanekaragaman ini, justru menghilangkan keunikan Indonesia itu...

Belasan WNI Terjebak Konflik Marawi Dipulangkan Besok

Kementerian Luar Negeri menyatakan Konsulat Jenderal RI di Kota Davao, Filipina, akan memulangkan 17 warga Indonesia yang sempat terjebak konflik di Marawi, besok.

Konflik yang melibat...

Presiden Teken Pembentukan Badan Pemantapan Pancasila

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan, pembentukan lembaga atau badan pemantapan Pancasila yang sempat digagas pada awal tahun ini sudah ditandatangani Presiden...