Pandangan Politik Kaum Milenial

Written by on October 24, 2018

Melihat Foto dari Kiri ke Kanan: Presenter Riama Silitonga (Kiri), Anggota DPR komisi 9 dan Caleg Wilayah Dapil Banten 3: Marinus Gea, Anggota dari Persatuan BEM Banten (PBB): Eca Dinata, Reza Setiawan, Anggi Anggara, Cindy Pratika, Ine Narida, dan Ita (Kanan) di Heartline Studio, Selasa lalu. (23/10).

Masyarakat saat ini sedang terpapar kampanye politik para Caleg dikarenakan sudah diperbolehkannya melakukan kampanye sejak 23 September lalu. Generasi muda yang sudah berusia 17 tahun dan sudah tergolong dalam kaum pemilih merupakan salah satu konstituen yang paling banyak diincar oleh para Caleg.

Acara yang dihadiri oleh Anggota DPR komisi 9 dan Caleg Wilayah Dapil Banten 3: Marinus Gea dan  Anggota dari Persatuan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Banten (PBB): Eca Dinata, Reza Setiawan, Anggi Anggara, Cindy Pratika, Ine Narida, dan Ita, memberikan tanggapannya serta pendapatnya mengenai pandangan politik kaum Millennial menjelang pemilihan tahun depan di Heartline Studio, Selasa lalu. (23/10).

Kaum Milenial yang sudah berhak untuk memberikan suara harus dapat paham akan politik yang santun dan haruslah memiliki pengetahuan akan politik.

“Yang pasti lebih dulu bahwa kita harus sadari bahwa adik-adik Milenial saat ini merupakan generasi yang harus dibekali untuk kepentingan masa depan, mereka harus dibekali dengan politik yang santun, politik yang baik. Karena mereka kelak yang akan melanjutkan apa yang kita cita-citakan dan melanjutkan apa yang menjadi cita-cita bangsa Indonesia ini,” Ujar Marinus.

Menurut Eca, Kaum Milenial biasanya mendapatkan informasi melalui media sosial, yang menurutnya penting bagi kaum Milenial untuk mengkonfirmasi suatu informasi.

“Terkait dengan media sosial memang hal yang sangat berbahaya, sekarang setiap detik setiap menit kita memegang gadget kita. Namun terkait dengan informasi-informasi yang kita dapatkan penting bagi kaum Milenial untuk jangan kita telan mentah-mentah informasi yang ada. Tapi penting juga terkait dengan era sekarang, harapannya media sosial dapat digunakan sebagai bahan pengenalan bagi para calon agar lebih dikenal bagi para pemilih nantinya melalui media sosial,” Kata Eca.  

Dari segi Pemerintahan, telah disediakannya Rumah Aspirasi bagi para mahasiswa agar dapat berdiskusi mengenai isu terkini agar para kaum Milenial tidak mudah termakan isu yang belum jelas asal usulnya.

“Kebetulan kita sebagai anggota DPR ada program yang harus kita kerjakan sebagai aplikasi dari janji jabatan kita, bahwa kita harus memperjuangkan daerah pemilihan dengan menyediakan rumah aspirasi sehingga teman-teman mahasiswa bisa diskusi di situ, sehinga teman-teman mahasiswa bisa mengupdate apa yang terjadi di negara kita dan kita juga bisa mengupdate apa yang diinginkan mahasiswa. Dengan adanya rumah aspirasi ini juga diharapkan kita bisa tumbuhkan, sehingga adik-adik mahasiswa ini punya pengenalan dan cara serta strategi yang benar dalam pengenalan politik. Apalagi dengan politik-politik yang diluar sana banyak yang membuat politik-politik yang buruk, yang kurang santun,” Tutup Marinus.

Acara yang berlangsung selama satu jam ini dan dibawakan oleh Riama Silitonga dan Dina Virgy, juga menghadirkan “Serian Band” dengan membawakan tiga buah lagu yaitu cover lagu coldplay–yellow, Tuhan tolong tumbuhkan nyaliku dan mengelus dada.

 

Penulis: Verren Wijaya 

Full Audio


Continue reading

Current track
Title
Artist