Heartline Network

Mudik Bersama Si Kecil? Perhatikan Hal Ini

Perjalanan mudik seringkali membuat para orangtua was-was. Terutama untuk yang memiliki buah hati yang masih terlalu kecil untuk diajak berpergian jarak jauh. Untuk itu, hal apa saja yang perlu dipersiapkan?

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr Dian Permatasari M.Gizi, SpGK, menyebutkan kondisi kesehatan ibu dan anak haruslah selalu menjadi perhatian.

"Pastikan asupan gizi terpenuhi. Pastikan juga, bunda cukup minum untuk mencegah dehidrasi. Usahakan berhenti dan beristirahat," kata dr Dian, ditemui di Jakarta Selatan baru-baru ini.

Selain itu, dr Dian mengingatkan bahwa selama mudik akan terjadi perubahan jadwal makan dan stok makanan yang terbatas untuk si kecil. Selain menyiapkan bekal makanan, Anda juga bisa mencari asupan nutrisi tambahan melalui makanan dan minuman yang disediakan di tempat peristirahatan.

"Kurangnya asupan nutrisi selama perjalanan jauh saat mudik dapat menyebabkan beberapa perubahan dalam tubuh, yang akan menimbulkan kondisi tidak nyaman seperti lemas dan pusing. Hal ini akan membuat si Kecil rewel," tambahnya.

Selama perjalanan mudik, anak bisa belajar banyak hal baru. Psikolog anak dan keluarga, Anna Surti S.Psi., M.Si., Psi., pun menyatakan perjalanan mudik dapat dijadikan momen untuk mengenalkan anak dengan lingkungan yang jarang ia temui dalam keseharian. 

"Momen ini juga dapat mengembangkan ketrampilan sosial anak dalam berinteraksi dengan banyak orang," kata psikolog yang akrab disapa Nina ini.

Di saat perjalanan mudik mulai melelahkan, si kecil pasti akan menjadi rewel. Nina membagikan tipsnya dalam mengatasi masalah tersebut. Menurutnya, carilah tempat peristirahatan yang nyaman, kemudian ajak anak untuk bermain.

"Usai istirahat, si kecil akan merasa nyaman kembali dan siap melanjutkan perjalanan dengan tetap ceria," katanya.

 

Sumber: www.detik.com

 


Artikel Terkait

Mudik Bersama Si Kecil? Perhatikan Hal Ini

Perjalanan mudik seringkali membuat para orangtua was-was. Terutama untuk yang memiliki buah hati yang masih terlalu kecil untuk diajak berpergian jarak jauh. Untuk itu, hal apa saja yang perlu dip...

Mentor Orang Tua Penting Agar Anak Tak Jadi Korban Persekusi

Gelombang presekusi yang dikenal 'The Ahok Effect' itu muncul terutama setelah Ahok dipidana. Video mengenai seorang anak berusia 15 tahun yang tengah dikerumuni warga beredar di i...

Mengelola Kemarahan Terhadap Anak

Pada umumnya orangtua memiliki keinginan untuk memperlakukan anaknya dengan sikap menghargai dan tenggang rasa, sebagaimana mereka memperlakukan orang dewasa lainnya. Namun pada kenyataannya, banya...

Cara Guru Hindarkan Anak dari Seruan Kebencian dan Terorisme

Beberapa waktu belakangan, keamanan dan kenyamanan hidup bermasyarakat serta bernegara di Indonesia tengah diganggu aksi terorisme. Parahnya, bukan mereda aksi terorisme ini justru makin menjadi-ja...

Gadget Bikin Anak Tak Lagi Main Permainan Tradisional

Perkembangan teknologi banyak manfaatnya. Tapi bagi anak-anak, perkembangan ini menyebabkan anak-anak tak lagi mengenal permainan tradisional.

Berdasarkan catatan Forum Pemberdayaan Pe...