Heartline Network

Bunda, Ayo Cegah Kekerasan & Pelecehan Seksual Anak di Media Sosial!

Kecanggihan teknologi dan informasi memang terbukti mengubah dunia. Namun, tahukah bahwa ternyata juga hal tersebut juga turut bersumbangsih terhadap meningkatnya kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak.

Pasalnya, menurut data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), di tahun 2015 ada sekitar 2.898 laporan kasus kekerasan pada Anak, termasuk kasus kekerasan dan kejahatan yang disebabkan oleh penggunaan internet dan media sosial. Parahnya, angka ini terus meningkat hingga 3.581 kasus di tahun 2016.

Prihatin akan kondisi ini, beberapa lembaga aktivis yang fokus pada perlindungan dan kesejahteraan anak Indonesia, mengajak para ibu muda untuk mengkampanyekan pencegahan kekerasan dan kejahatan pada anak melalui media sosial. Diprakarsai oleh Yayasan Jaringan Relawan Independen (JaRI), mereka mengajak para ibu muda bekerja sama melakukan tugas mulia ini.

Secara tidak sadar, Ibu muda seringkali mengunggah foto anak tanpa busana dengan alasan lucu, ataupun mencantumkan data pribadi, lokasi sekolah atau kursus, dan informasi anak lainnya. Hal inilah yang dapat dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan kejahatan dan pelecehan seksual terhadap anak juga.

Lewat program #AnakAman, JaRI menyerukan agar para Ibu muda dapat bijak bersosial media, dan dapat menjadi agen perubahan yang dapat membantu menekan angka kejadian kekerasan dan pelecehan seksual anak melalui sosial media. Ibu muda sengaja dipilih menjadi target sasaran karena dirasa kalangan inilah yang paling banyak menggunakan media sosial.

Ayo jadi Bunda yang bijak bersosial media!

 

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci


Artikel Terkait

Bingung Membawa Anak Liburan Kemana?

Liburan bersama keluarga memang paling menyenangkan, apalagi jika tempat yang dikunjungi menarik. Menghabiskan waktu dan saling berbagi bersama keluarga adalah hal yang wajib dilakukan orang tua ke...

Katakan Tidak Pada Tawuran

Periode Januari 2010-Juli 2015, tercatat kategori pelaku tawuran pelajar menjadi kasus  tertinggi kedua pengaduan anak dengan jumlah 325 orang

Harvest Christian School Gelar Open House Bersama Brandon Salim

Harvest Christian School adalah sebuah sekolah yang terus berkembang dengan pesat yang berlokasi di Lippo Sentral Karawaci.

Sekolah ini didirikan sejak tahun 2008, Harvest Chri...

Memperkenalkan Perihal Uang Pada Anak

Di masa sekarang ini, adalah sudah biasa untuk anak-anak kecil paham akan perihal uang. Biasanya hal ini dimulai dari karena mendengar percakapan orang tua atau orang dewasa di sekitarnya terkait m...

Menghadapi Tantrum Pada Anak

Istilah tantrum merupakan istilah yang sudah lazim didengar oleh orang tua. Namun, bagaimana dengan calon orang tua atau orang tua muda yang baru menghadapi masalah tantrum pada anak.

Tantr...