PEMBUKAAN DAN HAL MENARIK ASIAN GAMES 2018

Written by on September 4, 2018

 

Asian Games 2018 secara resmi dikenal sebagai Pesta Olahraga Asia ke-18, merupakan acara olahraga multi-event regional Asia yang diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. serta beberapa tempat sebagai tuan rumah pendukung yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten. Jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan sebanyak 40 cabang, terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang olahraga non olimpiade.

Gempita dan keseruan asian games 2018 sudah terlihat Pada opening ceremonial pembukaan asian games 2018 di jakarta, sekitar 1.600 penari wanita dari kalangan pelajar membawakan tarian yang terinspirasi dari tarian Saman sambil menyanyikan lagu berjudul “Assalamualaikum” di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu malam, 18 Agustus 2018. Lagu tersebut mewakili Indonesia sebagai negara yang mayoritas muslim, sebagai bentuk doa kepada Tuhan. Berlatar panggung megah yang menampilkan pemandangan gunung dan tumbuhan ciri khas Indonesia, para penari memukau puluhan ribu penonton di GBK. Indonesia menyambut kedatangan dunia di Indonesia dengan tarian Saman arahan Denny Malik, yang kaya akan warna dan sejarah budaya dan balutan busana bermotif khas Indonesia dengan iringan musik dari komposer Ronald Steven.

Ada satu hal yang menjadi sorotan pada pembukaan Asian Games 2018, Saat kontingen Korea masuk, yang merupakan gabungan Korea Utara dan Korea Selatan, penonton menyambut dengan meriah dan tepuk tangan. Pembukaan Asian Games 2018 menjadi momen bersejarah bagi bangsa Korea. Sebab, kontingen Korea Selatan dan Korea Utara berparade dalam satu rombongan dengan membawa bendera Korea Bersatu.

Selain itu, pagelaran asian games di Indonesia juga memiliki dampak yang positif bagi Indonesia. Seperti Banyak sarana prasarana diperbaharui, lalu banyaknya sarana olahraga yang di renovasi dan diperbaharui untuk menyambut pagelaran Asian Games 2018. Atlet-atlet juga dibina secara lebih baik  lagi agar bisa tampil maksimal dalam bertanding. Serta dampak bagi negara-negara asia yang berpartisipasi adalah bertambah eratnya hubungan antar negara di asia, karena Asian Games 2018 bukan hanya ajang untuk adu prestasi melainkan juga sebagai ajang untuk menciptakan perdamaian di Asia dan khususnya Indonesia. Dari segi ekonomi, pemerintah meyakini sejumlah sektor perekonomian akan meningkat selama gelaran Asian Games 2018 pada 18 Agustus hingga 2 September mendatang.

Ada beberapa hal menarik yang terjadi pada pagelaran Asian Games 2018. Pertama, sebenarnya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah pengganti dari negara Vietnam. Dalam voting, Kota Hanoi (29 suara) mengalahkan Surabaya (14 suara) yang diajukan Indonesia. Sementara Dubai, Uni Emirat Arab mundur di menit akhir pemilihan. Tapi Pada 2014, Vietnam memutuskan mundur karena resesi ekonomi. Sehingga OCA (Olympic Council of Asia) lalu memilih Jakarta dan Palembang sebagai tuan rumah pengganti. Hal menarik selanjutnya adalah Asian Games 2018 menjadi Asian Games pertama yang digelar di dua kota. Karena, Sejak 1951, Asian Games hanya digelar di satu kota.

 

Penulis : Ilham ramadhan dan Oni veronica zaenal


Current track
Title
Artist