Pentingnya Kesehatan Mental

Written by on October 30, 2018

Kesehatan mental merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan fisik, namun di Indonesia kesehatan mental adalah isu yang jarang sekali diangkat. Sudah ada banyak penelitian yang memberikan hasil kalau ada korelasi di antara kesehatan mental dan kesehatan fisik. Individu yang menderita kesehatan mental, akan menunjukkan gangguan fungsi fisiknya, dan kebalikannya. Tidak sedikit penderita gangguan mental cenderung untuk mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Berdasarkan data di World Health Organization, pada tahun 2010, angka bunuh diri akibat depresi di Indonesia mencapai 1.6 – 1.8 per 100,000 jiwa. Jika upaya pencegahan kesehatan mental dan bunuh diri tidak seimbang, WHO memprediksi pada tahun 2020 angka bunuh diri di Indonesia secara global menjadi 2.4 per 100,000 jiwa.

Menurut Dr. Jalaluddin dalam bukunya “Psikologi Agama” bahwa: “Kesehatan mental merupakan suatu kondisi batin yang senantiasa berada dalam keadaan tenang, aman dan tentram, dan upaya untuk menemukan ketenangan batin dapat dilakukan antara lain melalui penyesuaian diri secara resignasi (penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan)”. Sedangkan menurut paham ilmu kedokteran, kesehatan mental merupakan suatu kondisi yang memungkinkan perkembangan fisik, intelektual dan emosional yang optimal dari seseorang dan perkembangan itu berjalan selaras dengan keadaan orang lain. Dari beberapa definisi tersebut, maka dapat dipahami bahwa seseorang dikatakan memiliki mental yang sehat, bila ia terhindar dari gejala penyakit jiwa dan memanfaatkan potensi yang dimilikinya untuk menyelaraskan fungsi jiwa dalam dirinya. Orang yang kurang sehat mentalnya adalah orang yang merasa terganggu ketentraman hatinya.

Gejala-gejala umum yang kurang sehat mentalnya, yakni dapat dilihat dalam beberapa segi, antara lain ada perasaan, orang yang kurang sehat mentalnya akan selalu merasa gelisah karena kurang mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapinya. Lalu ada pikiran, orang yang kurang sehat mentalnya akan mempengaruhi pikirannya, sehingga ia merasa kurang mampu melanjutkan sesuatu yang telah direncanakan sebelumnya, seperti tidak dapat berkonsentrasi dalam melakukan sesuatu pekerjaan, pemalas, pelupa, apatis dan sebagainya. Kelakuan pun dapat terganggu, pada umumnya orang yang kurang sehat mentalnya akan tampak pada kelakuan-kelakuannya yang tidak baik, seperti keras kepala, suka berdusta, mencuri, menyeleweng, menyiksa orang lain, dan segala yang bersifat negatif. Sehingga orang-orang tersebut memerlukan pembinaan kepribadian secara keseluruhan.

Banyak sekali penderita gangguan mental yang tidak menyadari kondisi yang sedang mereka alami. Jangan malu jika ada penyakit mental, jika kalian merasa memiliki gejala, jangan khawatir ada pelayanan yang bisa bantu kalian. Tidak ada salahnya untuk mencari bantuan. Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Jiwa Kementerian kesehatan Republik Indonesia memiliki pelayanan konseling melalui telepon yang siap untuk mendengarkan segala keluhan jiwa di 021-500-454.

 

Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA)

Empowering Medical Students

Improving Nation’s Health


Current track
Title
Artist