PERLUKAH MAHASISWA BERORGANISASI?

Written by on September 18, 2018

Sebagian mahasiswa, organisasi menjadi suatu hal yang dianggap bisa menganggu aktivitas kuliah. Hal ini mungkin disebabkan oleh sebagian mahasiswa yang aktif di organisasi yang tidak bisa mengatur kuliah dan organisasi sehingga di DO oleh kampus. Ini memang banyak terjadi, saking sibuk berorganisasi, kuliah mahasiswa keteteran. Sebenarnya, tidak perlu takut masuk organisasi karena juga banyak manfaatnya untuk mahasiswa. Poin utama yang harus ditanamkan adalah apakah kuliah yang utama atau organisasi. Pilihan ini tergantung pada setiap mahasiswa. Menjadikan organisasi sebagai pilihan utama berarti kuliah akan sedikit kurang maksimal padahal tujuan masuk kampus adalah untuk kuliah. Jalan tengahnya adalah menjadikan organisasi sebagai pendukung prestasi di kampus dan untuk pengembangan diri sehingga waktunya harus disesuaikan dengan kuliah.

Mahasiswa dan organisasi merupakan kedua hal yang tidak dapat terpisahkan.  Kura-kura, alias kuliah-rapat kuliah-rapat, itulah sebutan bagi mereka, para mahasiswa yang aktif di beberapa kegiatan kampus. Bahkan, tidak jarang mereka rela pulang larut malam dari kampus setiap harinya demi menghadiri rapat ini dan itu. Kehidupan berorganisasi di kampus nyatanya memiliki begitu banyak pandangan dan sorotan. Ada yang memandang bahwa dengan mengikuti kegiatan organisasi hanya akan menghambat nilai akademik.

Ngomongin organisasi, pasti di setiap kampus terdapat organisasi kemahasiswaan, organisasi intra kampus seperti bem, himpunan mahasiswa jurusan, organisasi ekstra kampus ,organsisai ukm (unit kegiatan mahasiswa) dan masih banyak pastinya. Apakah kalian salah satu anggota organisasi di kampus kalian ?

Tapi tenang, tidak semua mahasiswa yang aktif berorganisasi akan lama lulusnya dan atau membuat IPK menurun. Melainkan akan mendapatkan pengalaman yang berbeda selama kuliah. Karena pelajaran itu lebih luas lagi ada di lapangan, artinya akan ada banyak pengetahuan baru ketika kita mengikuti kegiatan di luar kelas (selain kuliah) dan bahkan kegiatan di luar kampus. Tetapi tidak berarti mahasiswa biasa tidak memiliki pengetahuan yang luas dari pada mahasiswa organisasi, yang berbeda di sini hanyalah pengalaman.

 

Penulis: Arief Setyo Nugroho, Muhammad Erwin Rifaldi, Ridwan Setyansyah


Current track
Title
Artist