PHONE SNUBBING

Written by on September 4, 2018

          “Phubbing” atau sikap tak acuh dan terlalu berkonsentrasi pada ponsel memiliki dampak negatif pada hubungan, serta mengancam kebutuhan dasar manusia. Ini menunjukkan betapa berbahayanya gawai jika dilakukan pada waktu-waktu yang tidak tepat. Psikolog dari University of  Kent mempelajari efek dari individu yang melakukan sikap tak acuh dan berfokus pada gawai dalam situasi sosial tertentu.

Mereka menemukan, meningkatnya waktu phubbing secara signifikan memiliki dampak negatif dengan mempengaruhi cara orang yang mengacuhkan terhadap perasaan mereka pada orang lain. Melansir Science Daily , para peneliti Varoth Chotpitayasunondh dan Profesor Karen Douglas, dari Fakultas Psikologi Kent menganggap, mengacuhkan pembicaraan demi gawai merupakan bentuk spesifik pengucilan sosial yang mengancam kebutuhan dasar manusia, kepemilikan, harga diri, makna eksistensi, dan kontrol.

                Phubbing memiliki dampak seperti  menghancurkan hubungan pertemanan, di era sekarang banyak sekali anak muda yang terlalu fokus terhadap gadget nya sehingga sering kali melupakan orang disekitarnya. Saking fokus terhadap gadget nya mereka gila mengabadikan kejadian seperti ketika ada orang kecelakaan biasanya orang lain tidak langsung menolong tetapi lebih memilih untuk mengambil gambar dari pada harus menolong terlebih dahulu dan yang lebih parahnya dampak dari phubbing ini adalah sulit melepaskan diri dari gadget, sehingga kurang nya interaksi terhadap sesama dan menjadi orang yang anti sosial.

Untuk menghindarkan diri kita dari phubbing kita dapat melakukan cara seperti di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan stop phubbing.

“Yang pertama tahan diri untuk tidak update kemana kita akan pergi Langkah pertama yang harus kita lakukan agar tidak menjadi tersangka maupun korban phubbing adalah berhenti update. Rasa selalu ing in melihat handphone saat bersama orang lain biasa terjadi setelah kita membuat status di jejaring sosial. Biasanya, kita akan penasaran sudah berapa like yang muncul, komentar apa saja yang masuk dan sebagainya. Alhasil, kamu akan lebih tertarik untuk bermain Handphone dari pada ngobrol.”

“Yang ke dua kumpulkan Handphone saat berkumpul sebuah game sederhana yang bisa kamu lakukan agar kumpul-kumpul makin seru adalah dengan mengumpulkan gadged. Buat juga aturan tambahan. Contohnya, siapa saja yang tidak tahan dan mengambil gadgednya terlebih dahulu akan mendapat sebuah hukuman. Entah harus memberi traktiran atau apapun. Dengan begini, semua orang akan lebih fokus satu sama lain.”

“Yang ketiga kumpul di tempat yang anti mainstram kemungkinan lain penyebab phubbing terjadi adalah kita berkumpul di tempat yang itu-itu saja. Karena merasa bosan, banyak dari kita yang mulai membuka handphone. Bagaimana jika kita berganti lokasi?. Kumpul bersama bukan lagi dengan judul nongkrong. Bisa saja diganti dengan travelling bersama atau melakukan sebuah kegiatan sosial. Dengan banyak beraktifitas bersama, komunikasi langsung pasti akan lebih intensif.”

“Yang terakhir jauh jauh dari gadget langkah terakhir ini memang terlihat sedikit ekstrim. Tapi meletakkan gadged jauh-jauh dari dirimu memang sangat efektif. Atau jika sedikit susah, taruh gadged falam tas. Jangan di samping tangan.”

 

Penulis : Alan Darmasah Putra & Ega Dian Cahyani


Current track

Title

Artist