Pilih Mana: Mie VS Bakso

Written by on November 30, 2017

Terdapat dua jenis makanan yang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, yaitu: Mie dan Bakso. Sebagian orang lebih memilih mie, dan sebagian lagi memilih bakso. Ada juga yang merasa bahwa mie dan bakso bisa saling melengkapi saat dihidangkan. Ada yang suka makan mie ditambah dengan bakso dan ada yang suka makan bakso dengan mie.

Mie sendiri sampai kini masih menjadi perdebatan berasal dari negara mana. Ada tiga negara yang mengklaim menciptakan mie, yaitu: Italia, China, dan Arab. Tulisan tertua tentang mie pertama ditemukan dari dinasti Han Timur, sekitar 4000 tahun yang lalu. Awalnya seni menggiling gandum telah lebih dulu berrkembang di Timur Tengah, seperti Mesir dan Persia. Mie diduga bermula dan berkembang di sana.

Pada mulanya, mie diproduksi secara manual pada tahun 700an. Kemudian, tercipta mesin pembuat mie berukuran kecil dengan menggunakan alat mekanik. Evolusi mie berkembang setelah Masaki, tahun 1854, berhasil membuat mesin pembuat mie secara massal. Sejak saat itu, mie mengalami banyak perkembangan.

Dalam budaya Cina, mie adalah simbol kehidupan yang panjang dan berliku sehingga mie tradisional sering disajikan saat ulang tahun. Mie dipercaya sebagai lambang panjang umur. Di Jepang, mie dimasukan di acara minum teh. Membuat mie dianggap menjadi seni tersendiri di Jepang.

Terdapat berbagai jenis mie yang berasal dari berbagai macam negara. Dari Cina, terdapat banyak jenis mie, yakni I Fu Mie, Kwetiau, He Fen, Lamien, Soun, Mipok, dan Mie Shoa. Dari Italia, terdapat Spagetti, Fettucini, dan Makaroni.
Dari Korea, terdapat Dangmyeon, Mumil Guksu, Naengmyeon, Jjampong, Jjajangmyeon, dan Gal Guksu. Dari Jepang, terdapat Ramen, Soba, dan Udon. Dari India, terdapat Idapayam mie. Dari Timur Tengah, terdapat Resteh. Berbagai macam mie tersebut memiliki bahan baku yang berbeda-beda dan teknik pembuatan yang berbeda-beda sehingga membuat mereka memiliki ciri khas masing-masing.

Sedangkan, bakso merupakan akar dari seni kuliner Tionghoa di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari istilah bakso yang berasal dari kata “Bak” dan “So” dari bahasa Hokian yang berarti daging babi giling. Namun, beradaptasi dengan budaya Indonesia, bahan baku bakso beralih menjadi daging halal (sapi, ikan, dan ayam).

Bakso  memiliki berbagai jenis, Ada bakso urat, bakso bola tenis / bakso telur, bakso gepeng, bakso bakar, bakso keju, bakso malang, bakso ikan, bakso tahu, dsb. Beragam jenis bakso ini, biasanya memiliki perbedaan pada bahan baku dan isiannya.

Kalau Anda, pilih Mie atau bakso?

 

Simak pembahasan kuliner yang beragam, hanya di Radio Heartline Tangerang 100,6 FM.

Program YukMakan.com disiarkan setiap hari Jum’at, pukul 10.00 wib.

Live streaming www.heartline.co.id


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Heartline Tangerang

100.6 FM

Current track
TITLE
ARTIST