Ternyata Terungkap! Inilah Penyebab Penyakit Diabetes Melitus

Written by on April 16, 2018

Dalam perawatan luka diabetes, sebaiknya Anda juga harus tahu apa penyebab sebenarnya dari penyakit ini. Penyebab dari penyakit diabetes sebenarnya didasari oleh pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup sehari-hari ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar dalam kesehatan diri Anda, pola hidup yang buruk akan mengakibatkan penyakit yang serius. Berikut contoh dari pola hidup yang buruk sehingga dapat memicu penyakit diabetes, diantaranya:

  1. Jarang Berolahraga

Kebanyakan kaum urban bekerja 8 jam sehari dengan posisi duduk yang lama didepan komputer. Anda juga pasti lebih senang naik lift daripada naik tangga. Setelah pulang kerja, duduk lagi menonton televisi. Kebiasaan ini menyebabkan minimnya kalori dalam tubuh untuk dibakar karena kurang aktivitas bergerak. Untuk menghindari penyakit diabetes, usahakanlah berolah raga secara teratur atau banyak melakukan aktivitas bergerak.

  1. Banyak Konsumsi Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat terdiri dari dua jenis yaitu karbohidrat komplek dan sederhana. Karbohidrat sederhana dapat dijumpai pada roti, nasi, dan bahan makanan yang mengandung banyak mengandung glukosa, fruktosa, galaktosa, sukrosa, dan laktosa. Banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Ini pula yang menjadi alasan utama mengapa penduduk Asia rentan terkena penyakit diabetes. Hal ini dilatar belakangi oleh makanan pokok masyarakat Asia, yaitu nasi dengan porsi yang banyak. Nasi mengandung glikemik tinggi dan rendah serat. Sebaliknya, karbohidrat yang bagus untuk tubuh yaitu karbohidrat komplek seperti: gandum, biji-bijian, buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Untuk menghindari penyakit diabetes dan memastikan bahwa kadar gula darah Anda ada di posisi aman, perbanyaklah mengkonsumsi karbohidrat komplek.

  1. Merokok

Kebiasaan merokok ini juga sangat berbahaya bagi tubuh, karena dapat merusak jantung, paru-paru, mempengaruhi kehamilan dan kesehatan janin. Selain itu, merokok juga bisa merusak fungsi hati dan pankreas, dimana hormon insulin diproduksi di kelenjar pankreas. Jadi jika pankreas sudah terganggu fungsinya, otomatis produksi hormon insulin pun ikut terganggu. Hindari rokok untuk menciptakan pola hidup yang lebih baik.

  1. Kurang Tidur

Jangan meremehkan kebiasaan tidur yang kurang! Jam tidur sangat mempengaruhi tubuh dalam proses metabolisme gula dan hingga menurunkan hormon insulin. Tidur yang cukup dan berkualitas sangat dianjurkan untuk menghindari penyakit serius seperti diabetes.

  1. Stress

Stress atau depresi juga berpengaruh sebagai penyebab diabetes. Penyakit diabetes tidak hanya dipengaruhi oleh faktor makanan saja, tetapi juga dipengaruhi oleh kondisi psikis seperti stress. Menurut penelitian, wanita lebih rentan terkena stress. Agar terhindar dari penyakit diabetes, disarankan agar dapat menghindari stress, misalnya dengan aktivitas menenangkan diri seperti berolahraga yoga dan banyak beribadah.   

  1. Faktor keturunan

Faktor keturunan juga sering disebut sebagai penyebab penyakit diabetes. Jika ada salah satu anggota keluarga yang mempunyai riwayat penyakit diabetes, maka Anda harus lebih waspada dalam menjaga pola hidup sehat. Faktor genetik sangat berpengaruh besar dalam terjangkitnya penyakit ini, meskipun ada pengaruh yang lebih signifikan karena mekanisme penurunannya sendiri belum diketahui secara pasti. Sebenarnya faktor yang lebih signifikan adalah pola hidup seperti obesitas, pola makan tidak sehat, dan jarang olahraga.

Dengarkan program siaran “Dokter Menjawab” bersama OMNI Hospitals

Setiap hari Kamis, pk 17.00 wib

Hanya di 100.6 Radio Heartline FM 

Apps: Heartline Network

Live streaming www.heartline.co.id


Heartline Tangerang

100.6 FM

Current track
TITLE
ARTIST