TUMOR PADA USUS BESAR

Written by on December 22, 2017

Kebanyakan orang tidak menyadari adanya tumor usus besar yang bersarang dalam organ pencernaan mereka. Penderitanya jarang sekali merasakan adanya gejala-gejala yang aneh, sehingga saat diketahui, kondisi pasien sudah terlanjur serius.

Gejala yang umum terjadi pada penderita adalah susah buang air besar (konstipasi). Hal ini biasanya disebabkan karena kotoran dalam tubuh yang telah mengeras.

Dilain hal, diare yang berkepanjangan juga perlu diwaspadai. Diare yang dihasilkan oleh tumor usus besar berbeda dengan diare biasa. Pasalnya, diare pada penderita tumor usus besar ditandai dengan noda darah atau bercak darah pada kotoran. Darah ini dapat berasal dari peradangan akut atau polip yang telah pecah.

Ciri lainnya yang layak diwaspadai adalah penurunan sel darah merah atau anemia. Seseorang dinyatakan kekurangan sel darah merah jika takaran hematokrit dalam dirinya kurang dari 36% pada wanita dewasa (11,5 g/dL), sedangkan pada pria dewasa takaran hematokrit kurang dari 41% (13,5 g/dL).

Namun, yang paling kontras dilihat adalah penurunan berat badan secara drastis. Hal ini disebabkan dari penurunan nafsu makan karena gangguan pencernaan. Penurunan berat badan yang drastis justru menjadi pertanda bahwa nutrisi yang seharusnya diserap tubuh dalam darah, tampaknya berhasil dialihkan untuk menyuburkan sel abnormal yang kian membesar pada jaringan usus.

Gangguan pencernaan ini tak jarang akhirnya menyebabkan rasa sakit yang tertahankan, disertai perasaan mual dan ingin muntah. Bisa jadi karena ukuran tumor yang kian membesar dan mendorong keluar dari situs utamanya. Keadaan ini mungkin akan menguras tenaga dan emosi si penderita.

Anda mengalami gejala diatas? Segera konsultasikan dengan dokter! Penanganan yang tepat dan cepat, akan mempercepat proses kesembuhan Anda.

Editor: Irene Leonardi / Heartline Tangerang

 

Ingin berkonsultasi seputar kesehatan?

Dengarkan program Dokter Menjawab.

Setiap Senin, Rabu, dan Jumat, pukul 13.00 WIB.
Hanya di Radio Heartline FM Tangerang 100,6 FM
Live Streaming di www.heartline.co.id
Apps: Heartline – Karawaci
Youtube & Soundcloud: Heartline Network

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track
Title
Artist