WOW, Makanan Ini Menyebabkan Sulit Berkonsentrasi Saat Bekerja

Written by on August 10, 2017

Konsentrasi saat bekerja sangat diperlukan untuk menunjang performa kerja. Dengan konsentrasi yang tinggi, seseorang akan lebih cepat merampungkan pekerjaannya. Berbagai macan gangguan yang ternyata dinilai dapat mengganggu konsentrasi kerja seseorang, diantaranya: faktor lingkungan kerja, faktor internal pribadi (kesehatan & stress), hingga faktor yang seringkali luput, yaitu faktor makanan.

Berikut, beberapa makanan yang dapat menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi saat bekerja:

Daging olahan

Karena alasan kepraktisan, banyak orang memilih mengolah daging olahan, seperti: sosis dan nugget. Banyak ahli mengatakan bahwa, daging yang telah diolah, mengandung banyak garam yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, diantaranya sakit kepala, hingga kelelahan otak (brain fog). Masalah-masalah kesehatan ini, akhirnya dapat menyebabkan manusia tidak fokus dan sulit mengingat.

Olahan Susu

Senada dengan halnya daging olahan, produk olahan susu juga diklaim telah mengalami banyak proses, sehingga kurang baik untuk kesehatan dan karir Anda. Pasalnya produk olahan susu juga dapat menyebabkan brain fog.

Seorang ahli obat integratif, Garay Kaplan, mengatakan bahwa untuk penderita yang sensitif dan alergi terhadap produk olahan susu, protein akan menjadi ancaman bagi tubuh mereka. Sehingga, tubuh mereka akan memproduksi antibodi untuk “mengejar” mereka.

MSG

Bahan penyedap masakan ini, tanpa sadar sering Anda konsumsi setiap hari. Walaupun bertugas untuk membuat masakan lebih sedap, ternyata, lagi-lagi MSG akan membuat seseorang sulit bekerja akibat brain fog yang ditimbulkan. Alih-alih menggunakan MSG, beralihlah ke bumbu penyedap alami, seperti: bubuk kunyit dan bubuk bawang putih.

Pemanis Buatan

Pemanis buatan juga seringkali dimasukan dalam konsumsi sehari-hari. Jika dikonsumsi berlebihan, akan menimbulkan efek pusing, kebingungan, masalah keseimbangan, hingga kebas. Anda dapat mensiasatinya, dengan tidak sering mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung pemanis buatan, dan dapat menggantinya dengan pemanis alami dalam takaran yang wajar.

Alkohol

Alkohol dapat menurunkan kemampuan otak untuk menggunakan oksigen. Bahkan, Badan Penerbangan Amerika Serikat (FAA) merilis bahwa, pengaruh alhohol dapat berdampak negatif pada otak, mata, dan telinga bagian dalam. Oleh sebab itu, seorang pilot dilarang keras mengkonsumsi alkohol sebelum menerbangkan pesawat. Jika terpapar alkohol, pandangan bisa berbayang dan tidak fokus. Sementara gangguan pada telinga bagian dalam akan menyebabkan gangguan pendengaran dan menyebabkan pusing.

*Dari berbagai sumber

 

Editor: Irene Leonardi / Heartline – Tangerang


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Heartline Tangerang

100.6 FM

Current track
TITLE
ARTIST