5 Fakta Tentang Tidur, Kebiasaan yang Harus Dirubah

Written by on June 25, 2019

Apa yang ada di pikiran Anda ketika mendengar kata tidur?

Anda biasanya tidur berapa lama? Beberapa orang mengatakan, bahwa mereka tidur hanya memerlukan empat sampai lima jam setiap malamnya. Setelah itu mereka kembali bangun dengan baik dan segar! Dari sudut kesehatan, itu palsu!

Apa yang terjadi ketika tidur?

Rata-rata manusia tidur sekitar sepertiga dari hidup mereka. Kedengarannya buang-buang waktu? Sebaliknya! Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi tubuh Anda benar-benar bekerja keras saat Anda tertidur.

Tidur nyeyak dan fase tidur Rapid Eye Movement (REM) yang bergantian setiap 90 menit atau lebih. Selama Anda tertidur, tubuh Anda akan tetap bekerja untuk menghasilkan hormon pertumbuhan untuk regenerasi dan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu tubuh Anda memerlukan tidur untuk memperbaharui sistem yang ada di dalam tubuh.

Saat fase tidur REM, otak Anda memproses memori hari itu dan menyimpan ke memori jangka pendek. Ini saatnya Anda bermimpi! Tetapi tidak hanya memori selama 24 jam terakhir. Mimpi Anda juga bisa aneh dan sama sekali tidak terkait dengan kehiduapan pribadi Anda.

Berapa banyak waktu yang digunakan?

Tergantung pada usia Anda. Untuk anak bayi yang baru lahir, tidur 14-17 jam sehari. Anak sekolah dasar harus tidur selama 9-11 jam dan orang dewasa harus mendapatkan 7-9 jam untuk tidur.

Terlalu banyak hal baik ternyata bisa berbahaya juga. Jika Anda tidur lebih dari 10 jam, mungkin kualitas tidurnya sudah berkurang. Peneliti dari Universitas Cambrige menemukan bahwa tidur lebih dari 10 jam akan meningkatkan resiko stroke.

Apa yang terjadi ketika Anda tidak tidur?

Semakin lama tubih tidak tidur, akan memperburuk kondisi tubuh. Anda akan merasakan suhu tubuh yang menurun, konsentrasi menurun, menjadi apatis dan akan mengurangi sebagian atau pun seluruh dari kekampuan kognitif dan motorik. Jika dua hari berturut-turut tidak tidur, kontrol tubuh akan menurun sama seperti orang sedang menggunakan alkohol yang cukup banyak.

Ketika seseorang kekurangan tidur memang dapat dikatakan seperti bunuh diri. Contohnya insomnia, seseorang yang tidak tidur selama 30 bulan akan meninggal. Penyebab langsung kematiannya adalah banyak organ yang mengalami kerusakan.

Apa yang membuat kita tidak tidur?

Anda pasti sudah tau jawabannya. Jawaban yang paling umum adalah smart phone Anda harus digunakan dan disimpan dengan baik. Jangan membawa ponsel ke tempat tidur bersama Anda!

Layar yang menyala akan memberi tahu otak untuk tetap terjaga. Itu yang menyebabkan kita mengecek kembali apa yang pelu ditulis dan membuat otak menjadi aktif kembali. Akhirnya kita menjadi sulit untuk tidur.

Terlalu banyak kebisingan dan cahaya dikamar juga merupakan faktor Anda tetap terjaga dan sulit tidur. Selain itu mengkonsumsi kafein dan alkohol juga dapat membuat Anda tetap terjaga. Cobalah konsumsi minuman tersebut 6 jam sebelum Anda pergi tidur.

Cara tidur nyeyak!

Setelah melakukan hal yang tidak boleh dilakukan ketika akan tidur, pemilihan tempat untuk tidur juga perlu diperhatikan. Menggunakan tempat tidur, bantal dan semuanya harus menjadi nyaman ketika anda tidur. Pilihlah tempat yang nyaman dan tepat untuk tidur dan beristirahat. Selamat tidur dengan nyenyak!

 

Editor: Hagen Agestini


Heartline Tangerang

100.6 FM

Current track
TITLE
ARTIST