7 Tips Mengatasi Suhu Tinggi di Rumah

Written by on March 21, 2019

Suhu tinggi terkadang menjadi maslah.

Terlebih di Indonesia yang merupakan wilayah tropis dan sulit dihindari. Terkadang untuk menurunkan suhu, kita lebih memilih untuk mencari atau mengkonsumsi makanan yang dingin. Tetapi dengan menurunkan suhu tinggi dengan sesuatu yang dingin, terkadang membuat kita menjadi sakit karena perubahan suhu yang drastis.

Menurut studi yang dilakukan oleh Havard Chan School of Public Health bulan Juli 2018, salah satu dampak dari suhu tinggi adalah kemampuan berpikir yang melambat 13%. Ketika suhu tinggi dapat meningkatkan polutan udara, karena suhu yang tinggi juga dapat mempercepat reaksi kimia. Ini dapat meningkatkan ringginya resiko serangan jantung dan penyakit pernapasan.

Untuk mengurangi suhu panas ada 7 tips mengatasi suhu tinggi di rumah kita.

  1. Menggunakan warna putih seperti yang digunakan oleh orang di Yunani. Dengan mengecat warna putih pada atap rumah mereka membuat sinar matahari tidak terserap dan menjadikan rumah dapat merefleksikan sampai 80% cahaya matahari.
  2. Kolam di rumah juga dapat membuat suasana rumah menjadi sejuk. Ketika suhu ruangan sedang tinggi, kolam yang berisi air akan menguap dan dapat menolong untuk menyejukkan ruangan.
  3. Penghijauan di rumah juga dapat menguarangi suhu yang tinggi. Cukup dengan menanam beberapa pohon akan menciptakan suasana rumah yang sejuk dan dapat mengurangi suhu panas.
  4. Taman di halaman rumah juga dapat membentu menurunkan suhu. Dengan beberapa tanaman yang Anda tanam, selain dapat meredam panas juga dapat membuat rumah lebih segar.
  5. Kebun di atap juga cukup efektif. Ketika hujan, air dapat terserap ke tanaman yang membuat atap menjadi lebih sejuk.
  6. Menanam cabai di halaman maupun di atap rumah sangat bermanfaat. Dengan menanam cabai Anda tidak perlu repot-repot untuk membeli cabai di pasar, cukup mengambil dari kebun sendiri. Selain itu dengan rasa yang pedas membuat kita berkeringat, sehingga dapat menurunkan suhu tubuh.
  7. Menikmati minuman panas juga dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Nasehat para pakar, mengkonsumsi minuman panas maupun makanan pedas akan meningkatkan suhu tubuh yang akan menyebabkan orang berkeringat, dan efeknya membuat suhu tubuh menjadi lebih sejuk.

Tips tersebut dapat Anda coba untuk menghindari perubahan yang drastis bagi tubuh maupun lingkungan kita. Dengan adanya keseimbangan di lingkungan, diharapkan juga dapat berdampak bagi orang lain.


Heartline Tangerang

100.6 FM

Current track
TITLE
ARTIST