Bagaimana Adaptasi Kebiasaan Baru di Pasar Tradisional?

Written by on July 3, 2020

Berdesakan dan mau tak mau bersentuhan merupakan dua hal yang menjadi ciri sebuah pasar tradisional dimanapun di Indonesia. Karena itu, saat pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, pemerintah melakukan berbagai macam pencegahan penyebaran virus, salah satunya dengan menutup pasar.

Namun kini, saat protokol kesehatan sudah semakin baku, dan waktu kebiasaan baru atau new normal pun kian menjelang, pasar-pasar tradisional di Indonesia mulai beradaptasi. Salah satunya Pasar Pagi Salatiga, Jawa Tengah. Pasar yang memiliki jam operasi pukul 01.00 dini hari hingga 06.30 pagi itu, memiliki luas 600 meter persegi dengan jumlah pedagang sebanyak kurang lebih 900 orang.

Dengan fakta itu, saat dialog seputar perkembangan penanganan Covid-19 di kanal YouTube BNPB, Kepala Dinas Perdagangan Kota Salatiga, Kusumo Aji meminta izin kepada Walikota Salatiga untuk menggunakan bahu Jalan Sudirman sebanyak 400 meter. Penambahan luas pasar dimanfaatkan untuk menerapkan physical distancing sekitar 1.5 meter antar pedagang. Selama pasar dibuka, Dinas Perdagangan menyelenggarakan rapid test kepada para pedagang dengan hasil negatif. Selain itu, mereka juga rutinĀ  menyemprotkan cairan disinfektan secara berkala. Lalu, pedagang yang tidak memakai masker tidak diperbolehkan berjualan, sedangkan pembeli yang tidak pake masker tidak boleh masuk atau dilayani. Kusumo Aji menegaskan bahwa jika memang ada yang terinfeksi Covid-19 di pasar, maka pasar akan ditutup selama 3 hari untuk dilakukan sterilisasi.

Sementara itu, Pasar Jaya sudah membuka pasar saat masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar/PSBB di DKI Jakarta. Pihak pengelola melakukan swab test ke-69 pasar yang masih dalam proses dengan jumlah pedagang sebanyak 7.200, termasuk tukang parkir dan pengunjung. Hasilnya, menurut Ratih Mayasari, Direktur Kuangan dan Adminitrasi Perusahan Umum Daerah Pasar Jaya, hanya 1-2% orang yang hasilnya positif.

Lebih lanjut, Ratih mengatakan Perumda Pasar Jaya menerapkan protokol kesehatan, seperti wajib memakai masker, membagikan face shield gratis kepada pedagang, mengatur alur masuk dan keluar, menghimbau lansia untuk tidak ke pasar, serta memberikan pesan dengan cara kampanye di pasar untuk terus menjalankan protokol kesehatan. (Grace Priskila Hakim)


Current track

Title

Artist