Gorengan, Si Lezat yang Berbahaya

Written by on March 12, 2019

Murah, cepat saji, dan lezat. Itulah yang membuat gorengan menjadi salah satu makanan favorit orang Indonesia. Gorengan cocok untuk dimakan dalam berbagai situasi seperti untuk sarapan pagi, pendamping lauk makan siang, dan cemilan di sore hari. Namun, apakah kalian tahu bahwa dibalik kenikmatan gorengan terdapat bahaya yang tersembunyi?

Dokter Gizi Klinik Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fiastuti Witjaksono, mengatakan bahwa makanan yang diolah melalui proses pemanasan lama (digoreng) dan hidrogenasi dapat membuat makanan tersebut menjadi penyakit bagi kita.

Berbagai penyakit juga dapat ditimbulkan dari mengkonsumsi gorengan setiap hari, seperti :

  1. Rasa gatal di tenggorokan

Penggunaan minyak goreng yang kotor dapat menyebabkan tenggorokan kita terasa gatal hingga berujung pada penyakit batuk.

  1. kolestrol tinggi

Rata-rata minyak goreng yang dipakai adalah minyak goreng bekas. Kadar kolestrol yang terdapat pada minyak goreng bekas sangat tinggi sebagai akibat dari pengendapan minyak goreng. Selain itu, minyak yang sudah dipakai berulang-ulang membentuk lemak trans yang akan meningkatkan kadar kolestrol dalam tubuh kita.

  1. Penyakit jantung

Kadar kolestrol yang tinggi dalam tubuh kita dapat memicu penyakit jantung. Kadar kolesterol tinggi dapat membentuk timbunan plak pada pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit aterosklerosis.

Tak bisa dipungkiri, gorengan memang merupakan sajian yang lezat tetapi mengingat risiko yang ditimbulkan, sebaiknya kita mengurangi konsumsi gorengan untuk menuju hidup yang lebih sehat.

 

Olivia

 


Heartline Tangerang

100.6 FM

Current track
TITLE
ARTIST