Kemenag: Indeks Kerukunan Umat Beragama di Indonesia

Written by on January 9, 2020

Kementerian Agama menyatakan bahwa Indeks Kerukunan Umat Beragama di Indonesia meningkat pada tahun 2019. Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Agama Fachrul Razi saat meluncurkan hasil Survey Indeks Kerukunan Umat Beragama 2019. Survey tersebut dilakukan oleh Puslitbang Bimas Agama dan Layanan Keagamaan Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Berdasarkan hasil survey tersebut, Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) 2019 menunjukkan angka rata-rata nasional 73,83, lebih baik dari tahun 2018 di angka 70,90. Dengan kata lain, terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

Namun masih rendah bila dibanding indeks tahun 2015, yaitu 75,36,” ujar Fachrul Razi, seperti kami kutip dari situs Kementerian Agama.

Menurut Menteri Agama, ada tiga dimensi yang digunakan untuk memperoleh indeks tersebut, yaitu toleransi, kesetaraan, dan kerjasama di antara umat beragama. Ketiga dimensi tersebut secara terpisah mempunya angka rerata di atas 72.

Ini artinya selama kurun lima tahun terakhir, kondisi kerukunan kita dalam kondisi baik. Meski demikian, kita perlu mencari tahu, faktor apa saja yang mempengaruhi kerukunan umat dan berupaya meningkatkannya,” pungkas Menteri Agama.

Untuk itu, menurut Fachrul Razi, Kementerian Agama sedang menyiapkan policy brief dan rekomendasi kebijakan untuk meningkatkan Indeks KUB mendatang.

Survey Indeks KUB 2019 dilaksanakan di seluruh Indonesia dan dilakukan setiap tahun. Tahun ini diadakan pada 16-19 Mei 2019 dan 18-24 Juni 2019 dengan jumlah responden 13.600 di 34 provinsi dengan penarikan sampel secara acak berjenjang.  Setelah itu, hasil survey akan digunakan sebagai dasar kebijakan tahunan, baik internal Kementerian Agama maupun rencana pembangunan nasional.

Sejumlah provinsi disebut memiliki skor indeks KUB di bawah rerata nasional. Sepuluh provinsi dengan indeks KUB terendah diantaranya Sumatera Selatan, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Nusa Tenggara Barat, Riau, Banten, Jawa Barat, Sumatera Barat, dan Aceh.


Current track

Title

Artist