Kemenag RI: Moderasi Beragama itu Fokus Utama Media Kristen

Written by on November 26, 2019

Kementerian Agama Republik Indonesia mendorong para pengelola media Kristen untuk mengutamakan moderasi beragama. Moderasi beragama dapat diwujudkan dalam bentuk konten program di media masing-masing, baik cetak, elektronik, maupun daring/online.

Menurut Direktur Urusan Agama, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen, Kementerian Agama, Janus Pangaribuan, SH,MM, moderasi agama merupakan salah satu tindak lanjut dari hasil Rapat Kerja Nasional Kementerian Agama tahun 2019. Dua yang lain adalah menyoal kebersamaan umat dan integrasi data.

Moderasi beragama selaras dengan salah satu tugas dan kewajiban Kementerian Agama, yaitu mendorong dan menjadi fasilitator Warga Negara Indonesia untuk menjadi pemeluk agama yang baik dan benar,” papar Janus Pangaribuan dalam Konsultasi Pembinaan Pengelola Media Kristen di Indonesia, Bogor (25/11).

Moderasi beragama itu adalah cara seseorang dalam menjalankan nilai-nilai agama yang diyakini dalam konteks kerukunan hidup antarumat beragama di Indonesia. Moderasi berkata sifat moderat. Moderat mengandung prinsip keseimbangan dan keadilan bersama, agar tak terjerumus dalam hal-hal ekstrim/radikalisme.

Untuk itu, lanjut Janus, media Kristen mesti meningkatkan kualitas sumber daya program (konten) dan sumber daya personil media dalam hal pemberitaan.

Saat ini, kurangnya kualitas sumber daya manusia media Kristen dan konten pemberitaan masih menjadi salah satu masalah besar yang disoroti (Kementerian Agama) dalam rangka peningkatan penghayatan iman Kristen Warga Negara Indonesia,” ujar Janus.

Selain itu, Kementerian Agama juga menyoroti ketidakmerataan informasi karena kondisi sosial ekonomi dan akses internet yang juga tak merata. Hal tersebut diperburuk dengan kurangnya konten yang baik seputar penghayatan iman Kristen yang baik dan benar. Semua itu memunculkan tantangan serius: bagaimana media Kristen dapat menjangkau generasi millennial dan generasi Alpha di Indonesia.

Perlunya Asosiasi/Perkumpulan

Dalam sesi tanya jawab mengemuka sejumlah solusi, yaitu perlu adanya pelatihan/pembinaan sumber daya manusia media Kristen, penyamaan persepsi terhadap masalah kebangsaan, dan juga penyamaan etika bermedia. Untuk itu, secara umum, Kementerian Agama mendorong munculnya asosiasi/perkumpulan media Kristen sesuai dengan jenis medianya (cetak, media elektronik dan media daring/online).


Current track

Title

Artist