Kisah Roti Berbahan Dasar Jangkrik

Written by on March 12, 2019

Pada umumnya roti terbuat dari campuran tepung gandum, tepung terigu, dan berbagai bahan pelengkap lainnya. Baru – baru ini, ada toko roti di Finlandia yang membuat inovasi roti berbahan dasar jangkrik. Toko roti ini bernama Fazer Bakery. Olahan jangkrik ini juga cocok untuk yang sedang berdiet.

Alasan jangkrik menjadi salah satu bahan utama untuk membuat roti di Fazer Bakery karena di dalam jangkrik ternyata terdapat banyak kandungan nutrisi seperti omega 3, omega 6, vitamin B12, asam amino, dan sebagainya. Selain itu, kandungan protein dalam jangkrik juga cukup tinggi. 

Juhani Sibakov sebagai kepala inovasi Fazer Bakery mengatakan bahwa jangkrik merupakan sumber protein yang baik dan Ia juga ingin mengenalkan produk pangan berbasis serangga agar dikenal masyarakat luas.

Cara pembuatan roti di Fazer Bakery berbeda dari toko roti lainnya. Pertama-tama, jangkrik yang sudah kering akan digiling sampai hancur membentuk tepung, setelah itu adonan roti dibuat seperti biasa dengan menambahkan tepung jangkrik tersebut.

Dalam 1 buah roti terdapat sekitar 70 jangkrik yang sudah dihaluskan. Jangkrik – jangkrik tersebut diimpor dari Belanda. Harga jual roti jangkrik ini lebih mahal dibandingkan roti pada umumnya karena protein dan nutrisi yang terkandung dalam roti berbahan dasar jangkrik ini lebih banyak. 

Apa Anda juga tertarik mengolah jangkrik dalam roti anda?

 

Olivia


Heartline Tangerang

100.6 FM

Current track
TITLE
ARTIST