Memasuki Bulan ke-4, Jumlah Pasien Covid-19 Sembuh Meningkat!

Written by on July 3, 2020

Kementerian Kesehatan mencatat peningkatan jumlah angka kesembuhan dari pasien Covid-19. Hingga awal Juli 2020, saat pandemi Covid-19 memasuki bulan ke-4, pasien sembuh berjumlah 25.595 orang. Walau memang berdasarkan data pula, pasien positif semakin bertambah setiap harinya menembus angka seribu per hari.

Menurut Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan sekaligus Juru Bicara Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr. Achmad Yurianto, penambahan jumlah pasien sembuh disebabkan teknis perawatan layanan kesehatan yang sudah lebih optimal saat ini. Selain itu, masyarakat sudah banyak yang lebih peduli terhadap pentingnya pola hidup sehat dan menjalankan protokol kesehatan yang ada.

Masyarakat makin bagus merespon, jadi yang ke rumah sakit yang masih ringan sedang,” kata dr. Achmad Yurianto saat konferensi pers via kanal YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Achmad Yurianto mengatakan bahwa provinsi Bangka Belitung, Yogyakarta, dan Lampung menjadi provinsi dengan jumlah terbanyak pasien Covid-19 yang sembuh . Berbeda dengan Maluku Utara yang hingga saat ini masih cukup banyak kasus positifnya.

Kolonel CKM Dr.dr. Soroy Lardo, SpPD FINASIM – Kepala Divisi Penyakit Tropik Infeksi Dapartement Penyakit Dalam RSPAD Gatot Subroto mengatakan bahwa pasien bisa dinyatakan sembuh dilihat dari kondisinya yang termasuk golongan berat atu tidak. Kemudian pasien bisa dikelola dengan baik, kemauan untuk dirawat inap, dan melakukan dua kali swab test hasilnya negatif.

Lebih lanjut, Achmad Yurianto menegaskan bahwa virus Covid-19 itu menular, karena itu, orang sehat jangan sampai sakit.

Oleh karena itu, sehat kewajiban, sakit pilihan. Lakukan protokol kesehatan saja. Layanan yang semakin baik, angka semakin naik yang sembuh,” tegasnya.

Tidak menutup kemungkinan pasien yang sudah sembuh dapat terkonfirmasi kembali. Masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Memakai masker, cuci tangan dengan air mengalir, menjaga jarak satu sampai dua meter. (Grace Priskila Hakim)


Current track

Title

Artist