New Normal: Menghadapi Krisis dengan Kreativitas

Written by on July 8, 2020

Berbicara tentang krisis, sebenarnya sudah pernah kita alami beberapa tahun bahkan puluhan tahun lalu. Namun, yang istimewa kali ini adalah karena ada wabah yang menular alias pandemi. Saat pandemi Covid-19, pergerakan menjadi lebih lambat bahkan terbatas. Hal inilah yang kemudian berdampak pada pemasukan.

Saat krisis dalam masa pandemi sekarang ini, masyarakat lebih mementingkan kesehatan dibandingkan hal-hal yang lain. Pabrik, kantor, sekolah, mall, tempat penjualan dan jasa menjadi sepi akibat pandemi. Krisis pun melanda berbagai sektor kehidupan, termasuk perekonomian perorangan dan badan.

Memasuki hidup kenormalan baru belum membuat pemasukan kembali normal. Pemulihan ekonomi diperkirakan akan lama, karena ini termasuk krisis yang panjang. Untuk itu, kreativitas menjadi hal yang utama untuk menghadapi krisis. Pasalnya, dengan kreativitas kita dapat meminimalisir resiko akan ketidakpastian.

Kreatifitas dapat bernilai, bisa meningkatkan produktifitas, memoktimumkan input yang masuk menekan cost serendah mungkin, mengoktimalkan outcome,” kata Engeline Tjia Soesilo selaku Director – Research Business Consulting, saat berbincang di udara dengan Heartline FM100.6 Tangerang.

Selama masa kondisi krisis, kreativitas bisa menjadi solusinya. Bisa mendobrak identitas diri sendiri dengan adanya kreativitas yang ditimbulkan.

Krisis memang sedang kita rasakan, mari kita hadapi bukan dengan kepura-puraan menganggap tidak ada masalah,” ujar Engeline lagi.

Di zaman pandemi sekarang ini masyarakat akan membeli barang sesuai dengan kebutuhan saja. Lebih tepatnya kesehatan menjadi paling penting. Gaya hidup masyarakat menjadi berubah. Semua ada pembatasannya dan jarak.

Masyarakat banyak membuat bisnis baru untuk mendapatkan penghasilan. Dari usaha yang kita bangun, kita harus tetap memberikan yang terbaik. Engeline menerangkan bahwa kita harus tolong menolong melalui usaha yang kita jalankan.

Jangan hanya melihat kesempatan saja, miliki nilai sebagai prinsip,” tambahnya.

Perubahan yang kita alami bukan menjadi alasan untuk kita kehilangan pengharapan. Karena semua ini bagian dari hidup yang harus kita hadapi. Tolong menolong menjadi satu dasar dalam menghadapi pandemi sekarang ini dengan penuh hikmat.

Waktu menjadi terbatas, ini saatnya kita harus rendah hati. Menekan pengeluaran sebisa mungkin. Belajar untuk menerima dan mengucap syukur dalam segala hal. Tuhan tidak akan pernah diam untuk menolong kita semua. Waktu Tuhan pasti yang terbaik! (Grace Priskila Hakim)


Current track

Title

Artist