Perhatikan Bahaya Kanker

Written by on April 29, 2019

Kita sering mendengar tentang bahaya kanker disekitar kita, bahkan kita juga mengenal bahan-bahan yang dapat memicu kanker. Namun, apa yang sebenarnya kamu ketahui mengenai kanker?

Kanker adalah suatu proses pertumbuhan sel abnormal yang disebabkan oleh perubahan genetik. Nah sebelum kita mengetahui kanker, sebaiknya kita tahu tentang sel yang normal. Sel adalah unit terkecil kehidupan yang membentuk tubuh manusia. Seharusnya sel tersebut membelah secara normal dan menggantikan sel yang sudah tua dan rusak. Namun, jika terjadi perubahan struktur genetik, maka sel tersebut bisa membelah secara tidak terkontrol yang bisa menjadi tumor. Tumor sendiri dibedakan menjadi tumor jinak dan ganas, tergantung penyebaran dan laju pertumbuhannya.

Karsinogen adalah hal-hal yang dapat menyebabkan kanker, bisa dalam bentuk zat kimia, virus, atau bahkan obat-obatan dan radiasi yang digunakan untuk mengobati kanker itu sendiri. Intinya, hal-hal yang langsung menyebabkan kanker dapat disebut dengan karsinogen. Pada umumnya, kanker disebabkan oleh karsinogen atau kombinasi dari karsinogen itu sendiri. Karsinogen dapat bekerja dalam banyak cara, yaitu langsung merusak DNA dalam sel sehingga menyebabkan kelainan pada sel normal, dan cara lainnya yaitu dengan menyebabkan kerusakan sel yang menyebabkan sel-sel membelah lebih cepat, yang pada akhirnya dapat mengakibatkan berkembangnya penyakit kanker.

Makanan pemicu kanker

Salah satu contoh bahan karsinogenik disekitar kita adalah pengawetan daging (yang menambahkan zat nitrat atau nitrit pada daging). Contoh dari daging olahan adalah bacon, ham, sosis, salami, kornet, dan lain sebagainya. Proses pengasapan dan memasak dengan dipanggang/dibakar memicu pembentukan senyawa karsinogen, seperti N-nitroso-compound (NOC) dan polycyclic aromatic hydrocarbon (PAH). Oleh karena itu, sebaiknya kita lebih memilih daging merah yang masih segar dan dimasak sendiri dibandingkan dengan daging olahan. Kita juga dapat mengolah daging merah tersebut dengan cara direbus atau dikukus daripada digoreng atau dibakar yang menghasilkan panas lebih tinggi. Cara ini dapat membuat daging yang kita makan lebih sehat.

Selain itu, kita juga bisa menyeimbangkan pola makan kita dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.  Sayur dan buah dapat mengurangi tingkat kerusakan DNA dan oksidasi dari senyawa karsinogen, sehingga dapat mengurangi risiko terkena kanker.

 

CIMSA

Empowering Medical Students

Improving Nation’s Health


Current track

Title

Artist