Relawan dalam Pandemi Covid-19

Written by on July 8, 2020

Sejak awal adanya pandemi Covid-19, masyarakat dan profesi di bidang kesehatan mengabdikan diri untuk menjadi garda terdepan bagi masyarakat umum. Tercatat sebanyak 30 ribuan relawan hingga kini yang terdaftar di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, baik relawan medis dan nonmedis.

Bagi para relawan medis seperti dokter, perawat, tenaga lab, farmasi dan layanan kesehatan masyarakat, tentunya akan di tempatkan di fasilitas layanan kesehatan, termasuk rumah sakit di Wisma Atlet. Sementara, menghadapi adaptasi kenormalan baru, relawan nonmedis akan bertugas menjadi garda terdepan dalam memutus penyebaran Covid-19. Relawan nonmedis akan bekerja di tengah masyarakat, di lingkungan mereka masing-masing sebagai bentuk emergency response yang beragam sesuai karakter daerah masing-masing.

Ketika di lingkungan mereka ada yang meninggal, maka mereka yang akan berkoordinasi dengan stakeholder setempat, kemudian baru ke Gugus Tugas. Jika ada warga yang tidak mampu, maka itu adalah tanggung jawab warga sekitar yang mampu, kemudian bila tak terakomodasi baru ke pemerintah. Relawan nonmedis juga melakukan edukasi ke beberapa pasar. Apalagi saat ini pasar menjadi episentrum baru penyebaran Covid-19.

Menurut Yulius Setiarto selaku Ketua Koordinator Bidang Pendukung Gugus Tugas PPC-19, bahwa tantangan yang harus dihadapi relawan non medis, pertama  mengubah diri sendiri terlebih dahulu. Karena mereka akan menjadi contoh bagi masyarakat di sekitarnya.

Kemudian relawan ini berdasarkan kesukarelaan, yang terkadang di lapangan tidak ideal. Maka relawan harus bisa menempatkan dirinya bagaiman harus bertindak. Tidak ada syarat formal bagi relawan non medis. Hanya saja, bila ada pembagian tugas disesuaikan dengan kemampuannya masing-masing.

Sedangkan relawan medis, mereka harus memiliki surat yang menyatakan mereka ahli di bidangnya. Sebelum menjadi relawan yang terjun langsung ke lapangan, semua relawan harus melakukan pelatihan terlebih dahulu yang bekerja sama dengan BPPSDM Kesehatan.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung menjadi relawan, caranya bisa kunjungi website Gugus Tugas, dijelaskan oleh Andre Rahadian, Ketua Koordinator Relawan Gugus Tugas PPC-19.

Pandemi bukan musuh kita, tetapi kita harus melawannya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada.


Current track

Title

Artist