Sedotan Viral yang Ramah Lingkungan

Written by on March 12, 2019

Bahan Plastik termasuk non-biodegredable (tidak bisa terurai secara alamiah oleh mikroorganisme). Penelitian memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu antara 500 – 1000 tahun untuk menguraikan 1 kantong plastik.

Menurut penelitian, sampah sedotan plastik masih menduduki peringkat ke-5 penyumbang sampah plastik di dunia termasuk di Indonesia. Swietenia Puspa Lestari, penemu Divers Clean Action (DCA) mengatakan bahwa rata-rata setiap orang menggunakan sedotan sekali pakai sebanyak 1-2 kali dalam sehari. Jika dihitung, diperkirakan pemakaian sedotan di Indonesia setiap harinya bisa mencapai 93.244.847 batang sedotan yang berasal dari restoran, minuman kemasan, dan sebagainya.

Pengurangan sampah sedotan plastik bisa dimulai dari diri kita masing-masing. Kebutuhan akan sedotan plastik sebetulnya bisa diganti dengan sedotan berbahan ramah lingkungan yang bisa dipakai terus menerus. Berikut ini adalah beberapa alternatif sedotan yang sedang viral untuk menggantikan penggunaan sedotan plastik.

  1. Sedotan Bambu

Sedotan bambu dipilih menjadi salah satu alternatif sedotan plastik karena terbuat dari bahan alami. Selain itu, bahan bambu juga mudah teruraikan sehingga tidak menyebabkan tumpukkan sampah. Namun sedotan bambu memiliki kekurangan yaitu jika tidak dibersihkan secara benar, bagian dalam sedotan lebih mudah terkena jamur dibandingkan bahan sedotan lainnya.

  1. Sedotan Kaca

Sedotan kaca digemari orang karena bentuknya yang elegan dan berwarna transparan sehingga mudah terlihat jika ada kotoran di dalam sedotan. Karena bahan ini rentan pecah, kita harus membawa wadah khusus saat bepergian untuk menjaga sedotan ini.

  1. Sedotan Stainless steel

Sedotan ini biasanya tersedia dalam beberapa warna. Bahan stainless sudah terkenal tahan lama karena anti karat dan tidak mudah pecah sehingga banyak orang memilih sedotan berbahan ini sebagai alternatif.

Itu tadi beberapa alternatif yang bisa menggantikan sedotan plastik. Sedotan alternatif diatas sudah banyak tersedia di online shop sehingga kita lebih mudah mendapatkannya. Ayo mulai kurangi penggunaan plastik dari sekarang!

 

Olivia


Current track

Title

Artist