Seminar Ekonomi 2019: Ancaman Resesi Global 2020 dan Antisipasinya

Written by on October 30, 2019

Menjadi peka terhadap perubahan jaman merupakan kiat sukses menghadapi ancaman resesi global 2020. Pasalnya, menurut Pendiri Lippo Group, Dr. Mochtar Riady, perubahan jaman sejatinya, dari dulu hingga kini, merupakan perubahan teknologi. Bila kita dapat memanfaatkan teknologi yang tengah berubah itu, maka kita akan mengubah ancaman resesi menjadi sebuah kesempatan untuk bertumbuh dalam bisnis. Sebaliknya, bila tidak peka terhadap perkembangan teknologi, maka kita akan rontok terhantam resesi. 

Dalam Seminar Ekonomi bertajuk “Ancaman Resesi Global 2020 dan Antisipasinya” yang diselenggarakan Yayasan YASKI (26/10), Dr. Mochtar Riady menceritakan sejumlah cerita soal keluarga pengusaha kaya tempo dulu, perusahaan besar yang menjadi ‘korban’ perubahan jaman atau perubahan teknologi.

Menurut penelitian saya, (korban itu) karena dia tidak sensitif terhadap perubahan teknologi, tidak sensitif perubahan ekonomi oleh karena perubahan teknologi, dan dia tidak sentitif terhadap politik oleh karena perubahan ekonomi. Dia tidak sensitif, maka dia akan rontok,” papar pendiri Lippo Group tersebut.

Lebih lanjut, Dr. Mochtar Riady menceritakan pengalamannya sejak kecil, sejak usaha pertama, sejak bank pertamanya, hingga kini menjadi pengusaha Indonesia yang sukses.

Beberapa hal saya catat (dari paparan Dr. Mochtar Riady), Bapak bisa sukses melampaui setiap momentum krisis ekonomi (baca: perubahan jaman) karena Bapak berpikir ke depan, berani berinovasi dan berani keluar dari zona nyaman,” ujar Yohanes, seorang peserta seminar.

Narasumber seminar lainnya, Dr. Agustinus Prasetyantoko, ekonom dan Rektor Unika Atmajaya, mengatakan bahwa dari pengalaman Dr. Mochtar Riady, kita dapat belajar pentingnya berinovasi saat krisis terjadi.

Biasanya inovasi perubahan itu tidak terjadi ketika siklus ekonomi di atas, tapi ketika krisislah inovasi dan perubahan itu terjadi,… dan ketika krisis 2007-2008, kemudian muncul fenomena Industri 4.0 untuk memperbaiki kondisi ekonomi,” papar Dr. Prasetyantoko.

Dr. Prastyantoko mengamini apa yang disampaikan Dr. Mochtar Riady bahwa resesi global terjadi saat ekonomi berubah. Lalu untuk mengantisipasinya, kita wajib memanfaatkan teknologi yang juga berubah sesuai jaman (dengan inovasi). Bila kita mampu melakukan atau minimal beradaptasi dengan perubahan itu, maka resesi adalah peluang, bukan bencana.

Seminar Ekonomi 2019 yang diadakan di Gedung Heartline Center, Lippo Village, Tangerang tersebut dihadiri oleh 135 orang pengusaha. Alur seminar yang didominasi oleh aliran wisdom dari Dr. Mochtar Riady, pengusaha sukses yang sudah berusia 91 tahun itu, berjalan cair. Para peserta pun tak segan-segan meminta tambahan waktu untuk sekadar mendengar pembelajaran dari pendiri Lippo Group tersebut.

Nah, Buat Anda yang terlewat menghadiri Seminar Ekonomi tersebut di atas dan ingin mengetahui secara lengkap kekayaan wisdom Dr. Mochtar Riady dalam berbisnis, dan sudut pandang juga antisipasi jitu dari ekonom Dr. Prasetyantoko, jangan khawatir! Anda dapat mendengarkan cuplikannya melalui PODCAST HEARTLINE NETWORK di bawah ini:


Current track

Title

Artist