Serunya Belajar di Rumah ala Surya Bangsa School

Written by on July 3, 2020

Berbicara tentang pendidikan di kondisi sekarang ini, memang sangat berubah. Tentu kita tahu bahwa saat pandemi Covid-19 ini segala sesuatunya menjadi berbeda. Hingga kini sekolah belum dibuka karena peraturan pemerintah yang harus menerapkan Perbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Hal tersebut membuat siswa mau tak mau belajar di rumah. Siswa harus membiasakan diri belajar dari rumah dengan keadaan yang baru seperti sekarang. Mereka tidak lagi didampingi guru secara langsung, melainkan peran orang tua yang menjadi pendamping saat kegiatan belajar mengajar.

Tidak hanya siswa yang belajar di rumah, melainkan  para guru juga harus mengajar dari rumah secara daring. Mulai dari mempersiapkan segala materi, alat peraga hingga pemberian tugas dilakukan secara daring.

Cara pembelajaran yang sangat berbeda dengan biasanya membuat psikis siswa, guru, dan orang tua mengalami perubahan. Menurut Konsultan Pendidikan, Rellin Ayudya, anak-anak mulai tidak nyaman dengan kondisi seperti sekarang. Ada rasa jenuh dan bosan tidak bisa bertemu langsung dengan guru maupun teman di sekolah.

Peran orang tua di era “New Normal” bukan hanya mendampingi, tetapi harus ikut belajar mengajari anaknya bila ada sesuatu yang kurang dipahami. Tentu saja hal ini membuat peran orang tua menjadi ganda.

Hampir semua sekolah di Indonesia belum siap dengan cara belajar seperti sekarang. Tetapi berbeda dengan Surya Bangsa School yang menyediakan fasilitas School at Home.

School at Home diselenggarakan oleh Surya Bangsa School dengan perijinan sekolah formal dan menerapkan kurikulum nasional terakreditasi A. School at Home melakukan proses belajar mengajar jarak jauh dengan teknologi daring yang difasilitasi oleh para guru terlatih. Setiap kali pertemuan peserta didik dibatasi hanya 1o orang saja demi efektifitas pengawasan proses belajar mengajar oleh guru. Soal waktu, School at Home memiliki fleksibilitas dan terjadwal.

Walaupun belajar secara daring, Surya Bangsa School tetap akan mengadakan pertemuan antara siswa dan guru. Pertemuan ini diatur oleh para guru untuk menghindari pertemuan massal sesuai anjuran pemerintah.

Surya Bangsa School memiliki studio rekaman khusus bagi guru-guru untuk menyampaikan materi agar kualitasnya lebih maksimal. Nantinya materi tersebut dapat diunduh siswa untuk dipelajari berulang kali.

Claudia Ingkiriwang, Pendiri Surya Bangsa School menjelaskan bahwa metode School at Home memang dipersiapkan bagi orangtua yang memiliki pekerjaan di luar kota, siswa yang sering mengikuti perlombaan, atau kondisi tertentu yang membuat anak lambat tangkap dalam pelajaran. Apalagi dalam masa pandemi sekarang ini, tentu saja konsep School at Home bermanfaat bagi para siswa yang berdomisili di zona merah Covid-19.

Lebih menyenangkan lagi, di Surya Bangsa School at Home tidak perlu membayar uang pangkal/gedung. Tentu saja biayanya menjadi lebih ringan dibandingkan sekolah reguler. Informasi lengkap dapat diperoleh melalui tautan ini. (Grace Priskila Hakim)


Current track

Title

Artist