23 January 2021

Kemenkes: 172.901 Tenaga Kesehatan Sudah Divaksin Covid-19

Hingga saat ini, 172.901 orang Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah divaksin Covid-19. Nakes tersebut berasal dari 92 Kabupaten/Kota di 34 provinsi di Indonesia. Menurut Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr. Siti Nadia Tarmidzi, MPH, dilaporkan juga ada sekitar 27 ribu Nakes yang akhirnya ditunda mendapatkan vaksin Covid-19.

Penundaan tersebut disebabkan dengan sejumlah asalan, antara lain yang paling banyak saat screening tekanan darah lebih dari 140 per 90, juga ada penyintas Covid, sedang menyusui, dan memiliki komorbid,” ujar dr. Siti Nadia Tarmidzi, MPH saat Temu Media secara daring terkait dengan Update Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Indonesia, Sabtu (23/01).

Lebih lanjut, dr. Siti Nadia mengatakan bahwa proses vaksinasi Covid-19 buat Nakes masih terus berlangsung hingga ditargetkan sebanyak 1.47 juta NakesĀ  divaksinasi hingga akhir Februari 2021 untuk tahap pertama. Selain itu, Juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan juga menyampaikan bahwa untuk Nakes yang tidak terdaftar di tahap pertama merupakan Nakes yang berada di luar 92 Kabupaten /Kota. Mereka, menurut dr. Siti Nadia, akan mendapatkan vaksin di tahap kedua dengan mendaftarkan diri melalui aplikasi satu data Pcare.

“Vaksinasi memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan resikonya. Karena vaksin ini memiliki risiko efek samping atau kejadian ikutan pasca imunisasi. Vaksin yang kita gunakan akan memberikan perlindungan kepada kita sehingga risiko kita menjadi sakit COVID-19 itu hanya 30 persen,

Juru bicara Vaksinasi Covid-19 mengatakan bahwa hingga kini belum ada pelaporan dari dinas (Dinas Kesehatan-Red.) tentang adanya penolakan dari Nakes untuk mendapatkan vaksin. (yp)

 

Ikuti media sosial Radio Heartline FM Tangerang: