08 May 2024
pertalite

Soal Wacana Penghapusan Pertalite dan Digantikan dengan Pertamax Green 92

Heartliners – Wacana penghapusan Pertalite sudah mencuat sejak pertengahan tahun 2023. Rencananya Pertalite bakal diganti dengan Pertamax Green 92.

Pertalite disebut sudah dihapus. Di media sosial X, BBM RON 90 itu disebut dihapus dan digantikan Pertamax Green. Dalam unggahan juga tersemat foto yang menampilkan totem SPBU Pertamina tanpa nama Pertalite.

Menanggapi unggahan itu, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menegaskan kabar itu tidak benar. Pertamina hingga saat ini juga masih menjual Pertalite.

“Itu infonya tidak benar, bahkan SPBU yang ditampilkan dalam gambar tersebut masih menjual Pertalite,” kata Irto dikonfirmasi detikOto, Senin (6/5/2024).




Sebelum unggahan tersebut jadi perbincangan di media sosial, Pertamina memang pernah mengutarakan rencananya untuk menghapus Pertalite. Langkah itu merupakan bagian dari Program Langit Biru tahap dua. BBM subsidi yang sebelumnya RON 90 bakal naik jadi RON 92.

“Dua tahun lalu kita mulai program langit biru. Program yang pertama kita menaikkan BBM bersubsidi dari RON 88 menjadi RON 90. Nah itu kita melanjutkan sesuai dengan rencana program langit biru tahap dua, di mana BBM subsidi kita naikkan dari RON 90 jadi RON 92,” ungkap Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: Kata Bos Pertamina Pengganti Pertalite yaitu BBM RON 92 dengan Harga yang Sama Karena Dapat Subsidi

“Karena aturan KLHK menyatakan octane number yang boleh dijual di Indonesia minimum 91. Jadi ini sudah sangat pas, satu dari sisi aspek lingkungan bisa menurunkan karbon emisi, kedua mandatory bioetanol, bioenergi bisa kita penuhi, dan yang ketiga kita menurunkan import gasoline,” lanjut Nicke.

Untuk diketahui, dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O diatur bahwa kendaraan yang diproduksi sejak Oktober 2018 harus menggunakan BBM dengan spesifikasi minimal beroktan 91.

Nicke juga mengungkap Pertamina bakal merilis varian terbaru Pertamax yang bernama Pertamax Green 92. Pertamax Green 92 merupakan campuran dari Pertalite dan etanol. Namun demikian oktannya lebih tinggi dari Pertalite yaitu 92.

“Sehingga tahun depan hanya ada tiga produk, yang pertama adalah Pertamax Green 92 dengan mencampur RON 90 dengan 7 persen etanol, kedua Pertamax Green 95 mencampur Pertamax dengan 8% etanol, ketiga adalah Pertamax Turbo,” kata Nicke.

Source: detik.com

Ikuti media sosial Radio Heartline FM Tangerang: