05 October 2021

Wisdom Of The Day : Kalian Tim Pesimis atau Optimis Nihh ??

Wisdom Of The Day pada episode tanggal 19 Agustus 2021 mengundang PM. Susbando sebagai narasumber dan dipandu oleh Jose Marwoto yang berbincang mengenai suatu topik, yaitu ‘Pilih Optimis atau Pesimis’. Optimis dan pesimis adalah suatu sikap dengan pelafalan yang hampir mirip saat diucapkan, tetapi sebenarnya kedua kata tersebut memiliki arti yang bertolak belakang. Sikap tersebut biasa dirasakan individu di saat-saat tertentu atau kondisi tertentu.

PM. Susbando menyukai kalimat “Api itu membakar, sekaligus menyinari”. Menurut beliau, setiap orang dapat memilih melihat atau mengartikan api sebagai sesuatu yang membakar atau menyinari, sama seperti halnya dengan pandemi COVID-19 saat ini, bagaimana sudut pandang individu dalam menghadapi pandemi. Dalam menangani pandemi, pemerintah sudah banyak memberikan solusi dengan menerapkan kebjikan-kebijakan yang ada saat ini. Dibalik suatu masalah pasti akan ada jalan keluar; di setiap masalah ada jalan keluar jangan dibalik menjadi, di setiap jalan keluar ada masalah. Individu yang memiliki sikap pesimis akan terpuruk karena mengalami suatu masalah. Tetapi melihat suatu masalah dari sisi yang positif dan menjadikannya sebagai dorongan agar lebih baik kedepannya merupakan contoh sikap optimis.

Optimisme dapat dibangun dengan melakukan sesuatu yang positif dengan pikiran atau mental yang positif pula, sehingga dapat membangun vibrasi bersama. Menurut PM. Susbandono, setiap individu tidak boleh optimis secara membabi buta melainkan memupuk calculation optimism yaitu, optimis yang memiliki kalkulasi atau perhitungan. Itu berarti sikap optimis merupakan suatu hal yang positif untuk diterapkan dalam pribadi seseorang, tetapi tetap memiliki perhitungan yang realistis.

Bagaimana kelanjutan pembahasan topik mengenai sikap optimis dan pesimis di atas ? Simak kelanjutannya pada Program ‘Wisdom Of The Day’ dari Radio Heartline 100.6 FM yang selalu menyajikan siaran-siaran dengan topik terkini yang tentunya dapat memberikan insight bagi para Heartliners di luar sana, hanya di channel Youtube Radio Heartline 100.6 FM Tangerang.

Dengarkan audio selengkapnya di bawah ini:

Ikuti media sosial Radio Heartline FM Tangerang: