21 June 2021

Kita Tidak Lahir untuk Hidup Menurut Kata Orang

Pernahkah Anda mendapat komentar negatif dari orang-orang di sekitarmu? Jika pernah, apa yang Anda rasakan ketika mendengar komentar itu? Entah menunjukkan rasa kesal Anda atau berusaha bersikap santai, kedua respon ini paling sering kita jumpai. Umumnya orang yang mudah mengomentari kelemahan orang lain masih menyisakan sifat kekanak-kanakannya, sehingga cenderung menganggap dirinya lebih hebat dari orang lain dan memiliki tingkat pengendalian diri yang rendah (low self-control).

Orang-orang dengan low self-control ini tidak berpikir lebih dulu sebelum berbicara. Kurangnya aktivitas dan tidak produktif menjadi pemicu seseorang dapat dengan mudah mengomentari orang lain bukan dengan tujuan yang positif. Istilah bebas yang ramai di tengah masyarakat terkait lontaran komentar negatif kepada orang lain ini adalah “nyinyir”. Tentu saja nyinyir sama sekali bukan bahan guyonan.

Mereka yang mendapat komentar negatif tersebut tentu harus pintar-pintar menyikapinya, bagaimana caranya? Simak selengkapnya di video berikut, ya! [JAW_HL]