21 June 2021

Menyingkap Panggung Politik 2024

Menuju 2024 memang terasa masih cukup lama, namun hiruk pikuk politik sudah memanas tahun ini.

Dr. Pinckey Triputra, M.Sc mengemukakan bahwa demam politik seperti menyaksikan sebuah pertunjukan di panggung yang menampilkan aktor-aktor politik yang memiliki berbagai peran. Peran-peran tersebut saling berinteraksi, tapi ingat, ini hanya terjadi di atas panggung yang disuguhkan oleh media.

Sebagian media berusaha menyorot dan memberitakan berbagai akting-akting oleh para aktor politik sesuai dengan imaji atau ekspektasi dari masyarakat mengenai pemimpin yang diharapkan. Tidak sedikit media yang menampilkan publisitas seperti itu untuk dilirik lebih banyak orang, padahal sebenarnya isi publisitas tersebut belum tentu sesuai dengan realita, bahkan tidak ada kaitannya dengan realita yang semestinya diketahui oleh masyarakat.

Wajah dari para calon pemimpin yang akan unjuk diri di 2024 diprediksi tidak akan asing lagi bagi kita. Karena dipengaruhi oleh sistem politik oligarkis, kondisi panggung politik di Indonesia cenderung hanya dikuasai oleh beberapa partai politik besar, sehingga tidak memungkinkan munculnya individu-individu lain yang sebenarnya juga berpotensi memimpin bangsa ini.

Lalu, bagaimana masyarakat harus bersikap? Sebenarnya seperti apa realitas politik yang saat ini harus kita pahami? Temukan jawabannya di video berikut! [JAW_HL]