04 June 2021

Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga

Dalam peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021, Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono memberikan informasi terkait hal-hal mengenai lanjut usia, khususnya dalam urusan kesehatan. Tema peringatan HLUN 2021 “Lanjut Usia Bahagia Bersama Keluarga” diharapkan dapat meningkatkan perhatian masyarakat terhadap isu lansia.

Secara demografis, dengan bertambahnya usia harapan hidup di Indonesia, maka dapat terlihat angka masyarakat lanjut usia yang semakin meningkat. Masyarakat lanjut usia yang terjaga kesehatannya dapat mendongkrak eksistensi mereka untuk tetap bisa berkontribusi secara sosial dan psikologis pada kemajuan dan pembangunan nasional. Seluruh negara di dunia memiliki 1 visi yang terkandung dalam SDGs 3 yang menjamin kehidupan sehat bagi seluruh penduduk di semua usia.

Pembahasan mengenai kesehatan lansia sangat penting karena populasi lansia saat ini sebanyak 20 juta jiwa atau sekitar 10% dari total penduduk di Indonesia. Dan pada 5 tahun mendatang diperkirakan melonjak jadi 33 juta jiwa. Pemerintah percaya bahwa keberadaan lansia masih cukup signifikan untuk berkontribusi secara sosial dalam pembangunan nasional. Berdasarkan data dari Kemenkes, case fatality rate pada lansia 4x lebih besar dibandingkan dengan perhitungan case fatality rate secara nasional. Hal ini diperkuat dengan kasus kematian lansia di Rumah Sakit 3x lebih tinggi daripada non lansia.

“Keberadaan lansia masih cukup signifikan untuk berkontribusi secara sosial dalam pembangunan nasional,” pungkas Dante dalam Konferensi Pers HLUN 2021 (Kamis, 03/06).

Oleh sebab itu, sebagai bentuk dukungan terhadap para lansia, pemerintah merilis kebijakan yang memuat indikator kesehatan lansia sebagai inisiasi sistem pelayanan yang komprehensif, multisektor dan bersifat long-term care bagi masyarakat pra lansia dan lansia di Indonesia. [JAW_HL]