29 June 2021

Memprihatinkan! Lebih dari 50% Lulusan Tingkat SMA Tidak Kuliah!

Deputi Menteri Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan Dan Moderasi Beragama, Kemenko PMK Prof Dr R Agus Sartono, MBA mengatakan fakta bahwa masih ada 1,9 juta pelajar lulusan SMA yang tak bisa kuliah cukup mengkhawatirkan. Apalagi jika alasannya karena kondisi keterbatasan ekonomi atau keterbatasan bangku kuliah. Sebab pada akhirnya, lulusan SMA yang kurang beruntung tersebut akhirnya masuk ke lapangan kerja tanpa memiliki bekal keterampilan yang maksimal.

“Dan para lulusan sekolah menengah yang masuk lapangan kerja itu, terpaksa harus bersaing dengan lulusan perguruan tinggi. Ini berlangsung hampir setiap tahun,” papar Agus dalam Webinar Nasional: “Strategi Kampus dan Sekolah Menyiapkan Penerimaan Mahasiswa Baru” Senin (28/06).

Untuk itu, Agus mendorong agar Perguruan Tinggi di Indonesia membuka peluang seluas-luasnya untuk lulusan SMA sederajat. Hal itu mengingat pendidikan tinggi merupakan pilar tak terpisahkan dari siklus pembangunan manusia dan kebudayaan bangsa.

“Pembangunan Manusia menuju Indonesia Maju, caranya mencapai ya dengan memberi anak muda kita kesempatan seluas-luasnya untuk belajar. Oleh karena itu, Pemerintah terus berkomitmen memfasilitasi kampus agar meningkatkan kualitas, menyediakan program bantuan seperti Kartu Indonesia Pintar Kuliah, serta beragam kebijakan lainnya dalam rangka meningkatkan angka partisipasi kasar kuliah,” pungkas Agus. (yp)