13 January 2022

Mengenal Ledakan Emosi Remaja

“Kalau kita memiliki anak remaja itu, kita sama seperti  sedang menyimpan BOM waktu di dalam rumah” itulah statement  yang di utarakan oleh ibu Eni saat mengawali  obrolan kali ini. Perubahan hati/emosi yang terjadi setiap saat pada anak remaja, membuat tak sedikit orang tua yang memiliki anak remaja mengeluh dan merasa kewalahan dalam menangani dan mendidik mereka.  Ada banyak faktor yang menyebabkan perubahan emosi anak remaja  tanpa alasan yang pasti, diantaranya ialah faktor lingkungan dan pola asuh di dalam keluarga.

Pola asuh yang baik dari orang tua dapat membantu remaja untuk mengontrol  dan mengendalikan emosi. Jika emosi dapat dikelolah dengan baik, maka mereka akan memiliki tingkat kesadaran diri dan tingkat sosial yang tinggi. Kemampuan  emosional pada anak remaja  akan membantu mereka dalam mengambil keputusan secara mandiri. Oleh karena itu, orang tua perlu mengenali  ciri-ciri dan penyebab terjadinya perubahan/ledakan emosi yang terjadi pada anak remaja supaya dapat memahami kebutuhan-kebutuhannya. Orang tua perlu memperhatikan dan mengalisa perilaku saat ia sedang beraktivitas, misalnya saat belajar, saat sedang bermain dan lain lain. Namun penelitian mengatakan bahwa remaja rata-rata tidak mau jika urusan pribadinya dicampuri oleh orang. Lalu apa yang harus dilakukan orang tua dalam membantu anak remaja untuk membantu mengontrol ledakan emosi nya?  Hal yang perlu dilakukan diantaranya menjadi role model. Orang tua harus mampu menjadi teladan yang patut di contoh sejak sejak usia dini. Selain itu menjadi teman yang akrab baginya.

Apa hal lain yang perlu dilakukan orang tua untuk membantu mengontrol ledakan emosi anak remaja? Mari simak solusinya melalui video berikut di kanal YouTube Heartline berikut ini!

Ikuti media sosial Radio Heartline FM Tangerang: