Menkes: Mulai Senin 8 Februari, Nakes Lansia akan Mulai Divaksin Covid-19!

Written by on February 9, 2021

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi Covid-19 untuk orang berusia 60 tahun ke atas akan dimulai besok (Senin, 8 Februari 2021) pukul 09.00 WIB.Vaksinasi untuk lansia akan dimulai dari prioritas pertama, yaitu tenaga kesehatan/nakes.

Kita sudah memperbaiki petunjuk teknis pelaksanaan (vaksinasi-Red.), kita juga sudah mengomunikasi ke jajaran Kementerian Kesehatan di lapangan, agar mulai besok senin jam 9, vaksinasi untuk orang-orang yang berusia di atas 60 tahun bisa kita mulai dengan prioritas pertama adalah nakes yang berusia 60 tahun,” ujar Menkes BGS dalam Konferensi Pers secara daring melalui kanal YouTube Kemenkes, Minggu (07/08).

Menurut Menkes, nakes lansia adalah orang yang sering terekspos Covid-19, dan yang berisiko fatalnya tinggi (bila terkena). Berdasarkan data yang dimiliki, dari jumlah pasien yang terpapar Covid-19 di Indonesia, 10% adalah lansia, namun jumlah lansia yang meninggal karena Covid-19 hingga kini mencapai 50% dari total pasien meninggal di Indonesia.

Itu menunjukkan bahwa memang lansia ini risikonya lebih tinggi dibanding yang usianya masih di bawah 60 tahun,” kata Menkes.

Gerak cepat Kementerian Kesehatan tersebut diambil menyusul terbitnya ijin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) terhadap Vaksin Sinovac untuk masyarakat berusia di atas 60 tahun. (yp)


Current track

Title

Artist